Peranan Bagian Humas Dan Protokol Melalui SMS Center Dalam Menyampaikan Kegiatan Kepada Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat

Fauziah Renzy, Octaviani (2011) Peranan Bagian Humas Dan Protokol Melalui SMS Center Dalam Menyampaikan Kegiatan Kepada Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peranan Bagian Humas dan Protokol Melalui SMS Center Dalam Menyampaikan Kegiatan Kepada Anggota Dewan. Penelitian ini membahas 3 buah pertanyaan penelitian antara lain mengenai fasilitator komunikasi, teknisi komunikasi dan peranan Humas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, studi pustaka, ditunjang oleh internet searching serta dokumentasi dengan jumlah informan 5 orang yang terdiri dari 3 orang bagian Humas dan Protokol dan 2 orang Anggota Dewan yang dianggap dapat mewakili Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat yang lainnya. Hasil penelitian melalui wawancara dapat diketahui bahwa Humas dan Protokol bertindak sebagai komunikator atau mediator melalui SMS Center dalam menyampaikan kegiatan kepada Dewan untuk mempermudah dan mempercepat informasi atau menyampaikan pesan kegiatan kepada Dewan sebelum surat undangan secara resmi sampai kepada Dewan sehingga Dewan dapat hadir dalam setiap kegiatan meskipun kegiatan bersifat mendadak. Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Provinsi Jawa Barat menyediakan layanan teknis komunikasi. SMS Center merupakan media komunikasi antara Humas dengan Dewan dalam menyampaikan kegiatan Dewan. Kesimpulannya bahwa Peranan Humas dalam program SMS Center yaitu sebagai Fasilitator Komunikasi dan Teknisi Komunikasi. Karena dengan SMS Center Humas menjadi fasilitator atau perantara dalam menyampaikan kegiatan kepada Dewan. Humas pun menjadi teknisi komunikasi dengan melakukan komunikasi kepada Dewan meskipun hanya satu arah melalui SMS. Saran yang dapat diberikan bagi Humas sebaiknya mengikuti bimbingan teknis agar dapat menggunakan SMS Center sehingga tidak harus menunggu staf Humas lainnya yang dapat menggunakan SMS Center agar tidak terjadi keterlambatan penyampaian kegiatan atau informasi kepada Dewan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Peranan Humas Dan Protokol
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:59
Last Modified: 16 Nov 2016 07:59
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/20416

Actions (login required)

View Item View Item