Daya Tarik Isi Program Ngaruwat Budaya Jeung Basa Sunda Oleh Radio Siaran Pemerintah Daerah 95.0 FM Cianjur Dalam Melestarikan Kebudayaan Cianjur Di Kalangan Pendengarnya

Lathifah, Camellia (2011) Daya Tarik Isi Program Ngaruwat Budaya Jeung Basa Sunda Oleh Radio Siaran Pemerintah Daerah 95.0 FM Cianjur Dalam Melestarikan Kebudayaan Cianjur Di Kalangan Pendengarnya. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Daya Tarik Isi Program Ngaruwat Budaya Jeung Basa Sunda Oleh Radio Siaran Pemerintah Daerah 95,0 FM Cianjur Dalam Melestarikan Kebudayaan Cianjur Di Kalangan Pendengarnya. Untuk menjawab tujuan tersebut maka dianalisis tentang Daya Tarik Rasional, Emosional dan Moral dalam Isi Program Ngaruwat Budaya Jeung Basa Sunda Oleh Radio Siaran Pemerintah Daerah 95,0 FM Cianjur.br / Pendekatan penelitian Kualitatif dengan menggunakan metode analisis deskriptif, yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah Radio Siaran Pemerintah Daerah 95,0 FM Cianjur dan Lembaga Kebudayaan Cianjur dengan menggunakan teknik purposive sampling, sedangkan pengambilan informan diambil sebanyak 3 orang dari pihak Radio Siaran Pemerintah Daerah dan Kepala Umum Lembaga Kebudayaan Cianjur. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Wawancara, Observasi, Dokumentasi, Internet Searching dan juga Studi Kepustakaan.br / Hasil penelitian yang dihasilkan berdasarkan wawancara dengan informan serta key informan bahwa isi Program Ngaruwat Budaya Jeung Basa Sunda memiliki daya tarik rasional karena bermanfaat, selain dapat menghibur juga dapat dijadikan sebagai sebuah rujukan dengan materi dan sumber berkompeten. Program yang berguna adalah program tepat sasaran dan mengena di masyarakat. Memiliki daya tarik emosional karena merupakan siaran informasi yang memiliki nilai positif dan berbobot sehingga masyarakat merasa puas dan senang menyimak isi program tersebut. Daya tarik moral karena dikemas konsisten pada ranah kebudayaan daerah serta memiliki esensi moral bagi pelestarian kebudayaan di masyarakat sehingga mendapat dukungan. Program tersebut juga dapat menggugah masyarakat untuk turut serta dalam mendorong pelestarian kebudayaan.br / Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian, bahwa daya tarik isi Program Ngaruwat Budaya Jeung Basa Sunda memiliki daya tarik rasional, emosional dan moral karena Radio Siaran Pemerintah Daerah telah melakukan terobosan sebagai langkah positif dalam menyajikan sebuah program yang memiliki nilai-nilai rasional, emosional dan moral didalamnya dengan kemasan menarik, berbobot, dan bermanfaat bagi pelestarian kebudayaan di masyarakat.br / Saran kepada Pihak Radio Siaran Pemerintah Daerah Cianjur untuk lebih giat dan sering menyajikan program seperti Ngaruwat Budaya Jeung Basa Sunda ke tengah masyarakat serta menambah jangkauan frekwensi siaran agar jangkauannya lebih luas serta dapat diterima masyarakat di luar daerah Cianjur, guna melestarikan kembali kebudayaan asli daerah Cianjur di tengah masyarakat Cianjur sendiri maupun di luar daerah Cianjur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Daya Tarik Isi Program, Pelestarian Budaya
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:59
Last Modified: 16 Nov 2016 07:59
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/20431

Actions (login required)

View Item View Item