Persepsi visual masyarakat terhadap kemasan kondom Fiesta dan Durex

Maulana, Dade (2012) Persepsi visual masyarakat terhadap kemasan kondom Fiesta dan Durex.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kemasan merupakan kesan singkat dari citra produk yang ingin disampaikan oleh produsen kepada konsumen, dan kemasan tersebut haruslah terpadu dengan fungsi produk. Kemasan memainkan peranan penting dalam identitas produk karena kemasan merupakan penghubung yang penting antara pabrik, pengecer dan pelanggan. Dengan demikian setiap kemasan seyogyanya berbeda dengan kemasan produk lain yang serupa sehingga identitas produk tersebut dapat tersampaikan dengan tepat. Keragaman desain kemasan terjadi juga pada salah satu produk kontrasepsi yaitu kondom. Saat ini produk yang mendominasi pasaran adalah dari produsen Fiesta dan Durex. Secara umun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang persepsi visual masyarakat terhadap kemasan produk kondom Fiesta dan Durex, dan secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui unsur visual yang paling menarik dari kemasan kondom Fiesta dan Durex menurut masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu wawancara mendalam kepada dua pihak yaitu pihak responden dan pihak Circle K. Teknik wawancara mendalam dipilih karena memungkinkan peneliti dapat memperoleh data dalam jumlah banyak dan terbuka. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data primer dan sekunder. Data primer yaitu data yang diperoleh dari hasil wawancara pada responden, sedangkan data sekunder merupakan data yang didapatkan dari hasil studi pustaka dan pencarian data online. Dari hasil wawancara dapat diketahui bahwa desain pada kemasan kondom Fiesta dan Durex dapat memberikan kesan yang berbeda pada konsumen, kesan tersebut diperoleh dari pandangan responden terhadap aspek-aspek visual dalam kemasan yaitu, warna, bentuk, logo, tipografi dan ilustrasi. Aspek visual yang unik pada kemasan dapat lebih menarik perhatian dan mudah diingat konsumen. Selanjutnya berdasarkan hasil pengolahan data, dapat diperoleh data bahwa konsumen kurang mendapat informasi mengenai produk didalamnya pada Primary Display Panel / Panel Display Utama, sehingga beberapa diantara mereka sering menganggap kemasan kondom Fiesta dan Durex merupakan kemasan sebuah produk makanan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemasan, Persepsi Visual, Masyarakat, tanggapan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:59
Last Modified: 16 Nov 2016 07:59
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/20432

Actions (login required)

View Item View Item