PROGRAM LISTRIK PRABAYAR MELALUI MEDIA MASSA CETAK ( Studi Deskriptif mengenai Proses Sosialisasi Program Listrik Prabayar oleh Humas PT. PLN Distribusi Jawa Barat dan Banten melalui Surat Kabar ��Pikiran Rakyat�� kepada Masyarakat)

Setyadhi, Wahyu (2011) PROGRAM LISTRIK PRABAYAR MELALUI MEDIA MASSA CETAK ( Studi Deskriptif mengenai Proses Sosialisasi Program Listrik Prabayar oleh Humas PT. PLN Distribusi Jawa Barat dan Banten melalui Surat Kabar ��Pikiran Rakyat�� kepada Masyarakat).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses sosialisasi dalam penelitian yang berjudul ��Sosialisasi Program Listrik Prabayar melalui Media Massa Cetak��. Untuk menjawab masalah penelitian, diangkat sub focus yang terdiri dari tahap persiapan, tahap meniru, dan tahap bertindak, untuk mengukur proses sosialisasi yang dilakukan oleh humas PT.PLN Distribusi Jawa Barat dan Banten.br / Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Teknik Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan studi pustaka; ditunjang oleh internet searching serta dokumentasi, dengan jumlah informan enam orang, yang terdiri atas dua petugas Humas dan Protokol dan empat orang masyarakat pengguna listrik prabayar yang dianggap dapat mewakili dari masyarakat pengguna listrik prabayar lainnya.br / Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa tahap persiapan dalam proses sosialisasi yang dilakukan humas PT.PLN DJBB meliputi pemilihan media, sasaran dari sosialisasi dan tujuan yang ingin diraih dari sosialisasi melalui media tersebut. Tahap meniru dalam proses sosialisasi yang dilakukan humas PT. PLN DJBB meliputi masalah keefektifan isi pesan dan hambatan dalam proses sosialisasi tersebut. Tahap siap bertindak dalam proses sosialisasi yang dilakukan humas PT. PLN DJBB meliputi bentuk sosialisasi dengan media lain dan forum yang disediakan untuk masyarakat dalam memperoleh informasi tentang listrik prabayar.br / Dari penelitian diperoleh kesimpulan bahwa sosialisasi yang dilakukan oleh Humas PT.PLN Distribusi Jawa Barat dan Banten mengenai Listrik Prabayar melalui surat kabar Pikiran Rakyat sudah efektif, karena penyebaran pesan yang luas dan isi pesan dapat dipahami oleh masyarakat. Peran serta dari petugas yang menjelaskan langsung ke masyarakat tidak dapat diabaikan dalam proses sosialisasi tersebut.br / Saran peneliti untuk pihak perusahaan, agar lebih mendukung keefektifan media yang sudah digunakan, diperlukan pula intensitas dalam penyebaran infomasi, yang dapat dilakuan secara kontinyu. Dan juga diperlukan sosialisasi secara langsung kepada masyarakat dalam bentuk tatap muka.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sosialisasi, Program Listrik Prabayar,
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:59
Last Modified: 16 Nov 2016 07:59
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/20437

Actions (login required)

View Item View Item