Penggunaan Website Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa BArat HTTP://DPRD.JABARPROV.go.id Dalam Penyampaian Informasi Di Kalangan Wartawan

Windyaningrum, Rachmawati (2011) Penggunaan Website Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa BArat HTTP://DPRD.JABARPROV.go.id Dalam Penyampaian Informasi Di Kalangan Wartawan.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penggunaan Website Jawa Barat DPRD http://dprd.jabarprov.go.id dalam Penyampaian Informasi di kalangan wartawan. Penelitian ini membahas kegiatan Public Relations dengan sistem E-Government melalui sebuah website dikenal sebagai kegiatan Public Relations on the net yang meliputi manfaat, efisiensi, partisipasi, transparansi, manajemen perubahan, dan penggunaan.br / Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan metode yang digunakan studi kasus. Proses pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Selain itu, teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi, dokumentasi dan pencarian di Internet. Teknik analisis data yang digunakan adalah model siklus Miles dan Huberman untuk membahas mengenai permasalahan penelitian.br / Hasil penelitian yang diperoleh manfaat penggunaan website DPRD Jawa Barat dalam penyampaian informasi di kalangan wartawan, yakni sebagai sarana publikasi yang cepat serta sebagai data pendukung untuk bahan pemberitaan. Efisiensi penggunaan website DPRD Jawa Barat dapat mengurangi proses kerja segi waktu dan biaya pada Humas maupun wartawan. Partisipasi dalam website DPRD Jawa Barat lebih ditujukan bagi masyarakat melalui aspirasi, kalangan wartawan hanya memberi masukan mengenai permasalahan teknis secara langsung pada bagian Humas DPRD Jawa Barat. Transparansi informasi penggunaan website DPRD Jawa Barat yang mengacu pada Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 yang bagi kalangan wartawan tidak dapat dikatakan transparan, karena transparansi tidak hanya sekedar informasi ekspose kegiatan resmi dewan. Manajemen perubahan pengunaan website meliputi update informasi diperlukan kontrol dan monitoring yang ketat dalam praktik Public Relations on the net dengan sistem E-Government.br / Kesimpulan penggunaan website DPRD Jawa Barat dalam penyampaian informasi di kalangan wartawan dijadikan sebagai sarana publikasi yang cepat, mudah dan praktis sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman yang menjadi kebutuhan dalam memberikan informasi agenda kegiatan resmi dewan dan press release dalam bentuk berita matang oleh Bagian Humas DPRD, dan penggunaan website DPRD Jawa Barat merupakan penunjang kegiatan wartawan untuk memperoleh data pendukung untuk pencarian berita seputar dewan.br / Saran, sebaiknya penggunaan website DPRD Jawa Barat tidak hanya sebatas ekspos kegiatan dewan tetapi aplikasi lainnya lebih dimanfaatkan, serta perlu updating informasi secara terus menerus.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Humas DPRD Jawa Barat, PR on the net, E-Government, Website DPRD.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:59
Last Modified: 16 Nov 2016 07:59
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/20448

Actions (login required)

View Item View Item