Strategi Komunikasi Guru Pendamping Melalui Pendidikan Inklusi Pada Siswa Berkebutuhan Khusus Di SDN Tunas Harapan Cijerah Kota Bandung

Dani Ahmadsyah, Fitrah (2011) Strategi Komunikasi Guru Pendamping Melalui Pendidikan Inklusi Pada Siswa Berkebutuhan Khusus Di SDN Tunas Harapan Cijerah Kota Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Komunikasi Guru Pendamping Melalui Pendidikan Inklusi Pada Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Negeri Tunas Harapan Cijerah Kota Bandung. Untuk menjawab tujuan diatas maka peneliti mengangkat indikator sebagai sub fokus pada penelitian ini yaitu tujuan, perencanaan, kegiatan, pesan dan media.br / Pendekatan Penelitian ini adalah kualitatif metode penelitian deskriptif yakni merupakan metode yang dipakai utnuk menjelaskan dan menggambarkan fenomena-fenomena yang terjadi. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, teknik pengumpalan data dan teknis analisis data. Subjek pada penelitian ini adalah tiga orang guru pendamping sebagai informan dan tiga orang informan kunci diantaranya Kepala Sekolah, Guru Kelas, dan Orang tua siswa.br / Hasil penelitian yang telah dilakukan terbukti adanya tujuan dalam mendidik siswa berkebutuhan khusus secara akademik dan sikap bersosial, perencanaan yang dilakukan guru pendamping pada siswa berkebutuhan khusus dengan melakukan perubahan rekruitmen dan kerjasama dengan beberapa lembaga, kegiatan yang dilakukan didalam sekolah dan diluar sekolah (Outbond), pesan yang disampaikan pada siswa bersifat konsisten dan singkat, dan media alat bantu peraga yang menjadi media pembantu dalam kegiatan belajar mengajar siswa berkebutuhan khusus.br / Kesimpulan Penelitian adalah Strategi Komunikasi Guru Pendamping Melalui Pendidikan Inklusi di SDN Tunas Harapan Cijerah Kota Bandung dapat berjalan sesuai dengan strategi yang telah diterapkan.br / Saran penelitian adalah sebaiknya ada penambahan tenaga didik agar siswa dapat belajar lebih optimal, melakukan pemahaman kepada guru kelas dan staff terhadap sekolah dengan setting inklusi dengan cara menjadwalkan pertemuan satu bulan sekali dan melakukan sosialisasi inklusi kepada para orang tua siswa ketika awal tahun ajaran baru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Komunikasi Guru, Pendidikan Inklusi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:59
Last Modified: 16 Nov 2016 07:59
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/20453

Actions (login required)

View Item View Item