Pesan bahaya narkoba dalam film transporting : (studi tentang pesan bahaya narkoba dalam film Transpotting dengan pendekatan semiotika)

Iskandar, Yudi (2012) Pesan bahaya narkoba dalam film transporting : (studi tentang pesan bahaya narkoba dalam film Transpotting dengan pendekatan semiotika).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna semiotik tentang pesan bahaya narkoba yang terdapat dalam film Trainspotting untuk menjawab tujuan tersebut maka dianalisiskan makna yang terdapat dalam film Trainspotting yang berkaitan dengan bahaya narkoba, yaitu makna denotasi, makna konotasi, mitos/ideologi menurut Roland Barthes.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis semiotik Roland Barthes. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka, studi dokumentasi, observasi dan penelusuran data online. Objek yang dianalisis merupakan sequence yang terdapat dalam film Trainspotting dengan mengambil tiga sequence dan kalimat kalimat non verbal.Hasil penelitian menunjukan denotasi pada ketiga gambar film Trainspotting yang ditelilti adalah memiliki unsur kerapuhan yang ditunjukan dalam penderitaan dan ilustrasi yang ada dalam film. Makna konotasinya adalah narkoba membawa nikmat dalam kesengsaraan. Peneliti menyimpulkan bahwa semua unsur visual yang ditampilkan dalam film memang mengandung pesan-pesan yang menyampaikan betapa bahaya narkoba bagi manusia. Mitos dari ketiga film Trainspotting menggambarkan sebuah propaganda media film kelompok sick boy ( para pemuda yang suka mabuk) bahwa narkoba bukan untuk pelarian atau kesenangan melainkan jalan menuju kesengsaraan dan kematian. Kesimpulan yang didapat dari analisis narkoba bukan untuk dijadikan gaya hidup karena yang telah terjadi dalam Transpotting adalah gambaran hidup yang nyata betapa sengsaranya jika sudah terjebak dalam dunia narkoba. Saran peneliti dengan adanya film ini semoga orang orang dan khususnya pemuda menjadi tahu betapa buruknya kehidupan seorang junkie narkoba bukan untuk dijadikan pelarian atau gaya hidup.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Smiotika, psikotropika, kampanye bahaya narkoba
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:59
Last Modified: 16 Nov 2016 07:59
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/20501

Actions (login required)

View Item View Item