Makna cantik pada teks iklan (analisis wacana kritis Sarah Mills mengenai wanita dalam media massa pada iklan Citra Purly White UV

Asri, Waritsa (2012) Makna cantik pada teks iklan (analisis wacana kritis Sarah Mills mengenai wanita dalam media massa pada iklan Citra Purly White UV. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna cantik pada teks iklan dengan menggunakan analisis wacana kritis Sara Mills. Untuk mencapai tujuan tersebut maka dimunculkan pertanyaan tentang bagaimana posisi subjek-objek dan posisi pembaca mengenai wanita dalam media massa pada iklan Citra Purly White UV.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis wacana, teknik pengumpulan adalah studi kepustakaan dan dilanjutkan pada pengolahan data. Adapun subjek dari penelitian ini adalah iklan Citra Purly White UV.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa posisi subjek yakni adalah Citra merupakan pencerita tunggal dalam teks iklan tersebut dengan objek yaitu wanita dikarenakan kesesuaian dari model Sara Mills dan terakhir disertai posisi pembaca yang tidak bisa menganggu gugat bentuk iklan teks yang dikeluarkan oleh Citra.Kesimpulan dari penelitian ini bahwa perkataan posisi dari subjek merupakan hal yang tidak bisa diubah dan pembaca pasif karena tidak bisa beragumen bila ada tidak kesesuaian.Saran bagi Peneliti selanjutnya, diharapkan mampu menjadi sumber literatur atau studi lebih lanjut untuk penelitian berikutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Cantik, Media Massa, Iklan, Analisis Wacana, Sara Mills
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:59
Last Modified: 16 Nov 2016 07:59
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/20514

Actions (login required)

View Item View Item