Analisis Wacana Pemberitaan Persib Bandung Di Tabloid Focus

Humaedi, Ismet (2011) Analisis Wacana Pemberitaan Persib Bandung Di Tabloid Focus. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna apa saja yang terdapatbr / pada teks berita, penulis mencoba menganalisisnya dengan menggunakan metodebr / analisis wacana teks. Data yang didapat untuk melengkapi penelitian ini yaitubr / melalui dokumentasi, studi kepustakaan, internet searching, dan wawancarabr / mendalam.br / Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif sesuai denganbr / identifikasi yang telah diterapkan penulis yaitu struktur teks, struktur kognisibr / social dan konteks. Penelitian ini menggunakan teknik analisis wacana kritisbr / model Teun A. Van Dijk. Unit analisis berita Persib Bandung edisi Februari 2011br / dan edisi September 2010br / Hasil penelitian berdasarkan ketika peneliti melakukan tanya jawabbr / dengan wartawan Tabloid Focus, Bapak Iman Firmansyah menjelaskan bahwabr / pemberitaan seputar Persib Bandung pada tabloid ini lebih berusaha untuk netralbr / pada pemberitaannya. Adapun sesekali tampak pandangan berlebihan tentangbr / pemberitaan Persib hal ini bisa terjadi karena rasa saling memiliki terhadap Persibbr / yang menjadi icon Jawa Barat khususnya kota Bandung.br / Kesimpulan yang terlihat struktur teks isi pemberitaan Persib di Tabloidbr / Focus ini masih menggunakan beberapa istilah atau kata-kata yang tidak lazimbr / digunakan untuk menguatkan pesan utama yang ingin disampaikan. Strukturbr / kognisi sosial wartawan terhadap pemberitaan Persib ini dihubungkan denganbr / prestasi yang telah dicapai Persib. Konteks yang tampil pada pemberitaan Persibbr / ini sangat menarik karena terlepas dari PT Daya Adira Mustika sendiri adalahbr / sponsor utama Persib, dalam penyajiannya Tabloid Focus hanya membahas sisibr / lain dari kegiatan yang dilakukan Persib atau pemain Persib.br / Saran untuk Tabloid Focus seyogyanya lebih memperhatikan pemakaianbr / kata-kata yang lebih objektif karena kata-kata yang dipakai masih terkesan internbr / perusahaan, walaupun Tabloid Focus lahir dari perusahaan PT Daya Adirabr / Mustika (Honda) tetapi sebaiknya pada rubrik Persib lebih menunjukkanbr / kepedulian terhadap pemahaman pembaca yang non-Honda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis Wacana
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:59
Last Modified: 16 Nov 2016 07:59
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/20560

Actions (login required)

View Item View Item