Analisis Wacana Pemberitaan Persib Bandung Di Tabloid Focus

Humaedi, Ismet (2011) Analisis Wacana Pemberitaan Persib Bandung Di Tabloid Focus.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna apa saja yang terdapatbr / pada teks berita, penulis mencoba menganalisisnya dengan menggunakan metodebr / analisis wacana teks. Data yang didapat untuk melengkapi penelitian ini yaitubr / melalui dokumentasi, studi kepustakaan, internet searching, dan wawancarabr / mendalam.br / Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif sesuai denganbr / identifikasi yang telah diterapkan penulis yaitu struktur teks, struktur kognisibr / social dan konteks. Penelitian ini menggunakan teknik analisis wacana kritisbr / model Teun A. Van Dijk. Unit analisis berita Persib Bandung edisi Februari 2011br / dan edisi September 2010br / Hasil penelitian berdasarkan ketika peneliti melakukan tanya jawabbr / dengan wartawan Tabloid Focus, Bapak Iman Firmansyah menjelaskan bahwabr / pemberitaan seputar Persib Bandung pada tabloid ini lebih berusaha untuk netralbr / pada pemberitaannya. Adapun sesekali tampak pandangan berlebihan tentangbr / pemberitaan Persib hal ini bisa terjadi karena rasa saling memiliki terhadap Persibbr / yang menjadi icon Jawa Barat khususnya kota Bandung.br / Kesimpulan yang terlihat struktur teks isi pemberitaan Persib di Tabloidbr / Focus ini masih menggunakan beberapa istilah atau kata-kata yang tidak lazimbr / digunakan untuk menguatkan pesan utama yang ingin disampaikan. Strukturbr / kognisi sosial wartawan terhadap pemberitaan Persib ini dihubungkan denganbr / prestasi yang telah dicapai Persib. Konteks yang tampil pada pemberitaan Persibbr / ini sangat menarik karena terlepas dari PT Daya Adira Mustika sendiri adalahbr / sponsor utama Persib, dalam penyajiannya Tabloid Focus hanya membahas sisibr / lain dari kegiatan yang dilakukan Persib atau pemain Persib.br / Saran untuk Tabloid Focus seyogyanya lebih memperhatikan pemakaianbr / kata-kata yang lebih objektif karena kata-kata yang dipakai masih terkesan internbr / perusahaan, walaupun Tabloid Focus lahir dari perusahaan PT Daya Adirabr / Mustika (Honda) tetapi sebaiknya pada rubrik Persib lebih menunjukkanbr / kepedulian terhadap pemahaman pembaca yang non-Honda.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Analisis Wacana
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:59
Last Modified: 16 Nov 2016 07:59
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/20560

Actions (login required)

View Item View Item