Perancangan Media Film Dokudrama Tokoh Raden Werkudara Dalam Lakon Bima Suci Sebagai Media Studi Karakter Visual Wayang Kulit Gagrak Surakarta

Rahmaniar, Afrina (2011) Perancangan Media Film Dokudrama Tokoh Raden Werkudara Dalam Lakon Bima Suci Sebagai Media Studi Karakter Visual Wayang Kulit Gagrak Surakarta.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Beragam kebudayaan yang ada didunia ini menjadikan munculnya sebuah kesenian yang di buat oleh manusia, seperti bangsa Indonesia yang merupakan salah satu peradaban yang berkembang dengan berbagai macam kebudayaan yang menjadi jati diri bangsa Indonesia seperti halnya kesenian. Seluruh bangsa-bangsa yang ada didunia mengetahui bahwa Indonesia memiliki banyak karya seni yang memiliki nilai sejarah dan filosofi, salah satunya adalah wayang kulit yang memiliki nilai seni dan filosofi yang tinggi.br / Wayang kulit merupakan kesenian yang meliputi seni pahat, seni lukis, seni perlambang, seni sastra, seni tutur, seni musik, seni suara. Dalam dunia pewayangan, pada umumnya penonton atau pembaca cerita pewayangan mengetahui karakter tokoh-tokoh pewayangan dari cerita yang di tulis atau jalan ceritanya. Dan pada umumnya penonton atau pembaca cerita kurang memahami setiap filosofi dan karakter yang terkandung dalam cerita maupun pada tokoh-tokoh yang ada pada cerita atau lakon dari wayang kulit. Terdapat sisi lain untuk mengetahui karakter dan sifat dari tokoh-tokoh pewayangan ini yaitu dari bentuk fisik wayang kulit, yang sudah dibr / 2� br / � br / gambarkan menjadi sebuah bentuk-bentuk anggota tubuh, dari ujung rambut hingga ujung kaki wayang kulit. Dan dalam setiap sebuah lakon wayang kulit juga memiliki filosofi, jika di jabarkan lebih dalam sehingga setiap lakon dalam wayang kulit memiliki makna dan manfaat yang lebih bagi penonton, pembaca, pengrajin wayang kulit dan seorang dalang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media Film, Dokudrama,Karakter Visual, Wayang Kulit
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:59
Last Modified: 16 Nov 2016 07:59
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/20595

Actions (login required)

View Item View Item