Analisis Hubungan Kemampuan Kerja terhadap Keluhan Otot Manusia Dan Kekuatan Otot Pada Genggaman Tangan (studi kasus PT. Industri Telekomunikasi Indonesia)

Mulyani, Sri (2011) Analisis Hubungan Kemampuan Kerja terhadap Keluhan Otot Manusia Dan Kekuatan Otot Pada Genggaman Tangan (studi kasus PT. Industri Telekomunikasi Indonesia).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tenaga kerja sebagai sumber daya aktif di suatu perusahaan atau organisasi merupakan salah satu faktor penting untuk meningkatkan kualitas produksi atau jasa. Karyawan bekerja dengan baik sesuai dengan kemampuan kerja yang berasal dari perilaku serta lingkungan kerja yang kondusif. Hal tersebut dapat ditunjang dengan adanya peralatan dan sistem kerja yang ergonomi yang bertujuan untuk menghindari Penyakit Akibat Kerja (PAK). PAK didefinisikan sebagai implikasi negatif dari kegiatan kerja terhadap kesehatan fisik manusia. Selain itu juga PAK dapat mempengaruhi kemampuan kerja seorang karyawan.br / Penelitian ini menggunakan tools Work Ability Index (WAI) untuk mengidentifikasi kemampuan kerja, Nordic Body Map untuk mengidentifikasi keluhan otot akibat pekerjaan (musculoskeletal disorders) dan handgrip untuk mengidentifikasi kekuatan otot pada genggaman tangan.br / Berdasarkan hasil pengolahan data berupa kuesioner Work Ability Index (WAI) kepada 15 orang karyawan bagian gudang dan distribusi terdapat lima orang karyawan termasuk kategori moderate, lima orang termasuk kategori good dan lima orang sisanya termasuk kategori excellent. Untuk masalah keluhan otot berupa kuesioner Nordic Body Map menunjukkan bahwa keluhan tertinggi terdapat pada tubuh bagian leher dan tulang belakang dengan tingkat prevalensi sebesar 33,33%. Statistik yang digunakan adalah uji korelasi dan hipotesis. Pengujian korelasi dan hipotesis antara tools Work Ability Index, keluhan otot dan kekuatan otot pada genggaman tangan.br / Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara variabel Work Ability Index dengan keluhan otot (leher, punggung atas, bahu kiri, pergelangan tangan kanan dan kiri, dan pergelangan kaki), sedangkan pada variabel Work Ability Index dengan kekuatan otot pada genggaman tangan dan keluhan otot dengan kekuatan otot pada genggaman tangan tidak terdapat hubungan yang signifikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Work Ability Index, keluhan otot, kekuatan otot pada genggaman tangan.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:59
Last Modified: 16 Nov 2016 07:59
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/20694

Actions (login required)

View Item View Item