Analisis Persediaan Bahan Baku Pada Proses Produksi Panel Bangunan Menggunakan Metode P Dan Q Di PT. Beton Elemenindo Putra

Taufik Ismail, Akbar (2011) Analisis Persediaan Bahan Baku Pada Proses Produksi Panel Bangunan Menggunakan Metode P Dan Q Di PT. Beton Elemenindo Putra.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT. Beton Elemenindo Putra berdiri pada tahun 2006, selama ini perusahaan telahbr / memproduksi berbagai jenis produk yang berbahan dasar styrofoam. Seiringbr / dengan ketatnya persaingan, maka perusahaan ini berharap untuk dapat terusbr / berkembang dan bisa menjadi yang terdepan dalam dunia industri. Saat inibr / pemesanan bahan baku hanya dilakukan bila terlihat persediaan yang dimilikibr / sudah hampir habis, dengan kata lain belum ada sistem untuk menentukan jumlahbr / dan saat pemesanan yang tepat, akibatnya persediaan sering mengalamibr / kekurangan atau kelebihan dari kebutuhan yang semestinya.br / Untuk menentukan penanganan bahan baku maka digunakan beberapa metode.br / Metode yang digunakan untuk merencanakan kebutuhan bahan baku yaitu modelbr / probabilistik. Dalam model probabilistik semua parameter seperti permintaan,br / biaya persediaan dan tenggang waktu (lead time) tidak dapat diperhitungkanbr / secara pasti.br / Dari hasil pengamatan kemudian dilakukan perencanaan bahan bakubr / menggunakan permintaan independen model probabilistik. Dalam probabilistikbr / menggunakan metode Q, backorder dan P. Selanjutnya dihitung total ongkosbr / persediaan yang terjadi dari semua metode tersebut.br / Pada model probabilistik terdapat sistem P, backorder dan Q. Model inibr / mempunyai safety stock yang harus disediakan oleh perusahaan. Dari semuabr / sistem yang telah dibuat baik sitem Q, backorder maupun P, tidak dapatbr / ditentukan bahwa sistem yang satu lebih baik daripada sistem lainnya karenabr / masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Namun jika dilihatbr / dari variabel total ongkos maka bahan baku EPS, Welded Wiremesh danbr / Connector wire menggunakan model backorder untuk ongkos yang lebih kecilbr / dari sistem yang lainnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: inventory, probabilistik, Sistem P, backorder dan Q
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:59
Last Modified: 16 Nov 2016 07:59
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/20714

Actions (login required)

View Item View Item