Usulan Autonomous Maintenance Mesin CNC Type TMV-760 Pada Produk Pipe Intake 17113-EON40 Hino (studi kasus Di PT. Wika Intrade Majalengka)

Muhamad Muklis, Mumuh (2011) Usulan Autonomous Maintenance Mesin CNC Type TMV-760 Pada Produk Pipe Intake 17113-EON40 Hino (studi kasus Di PT. Wika Intrade Majalengka).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Perawatan adalah kegiatan pendukung utama yang bertujuan untuk menjaminbr / kelangsungan peranan fungsional suatu sistem produksi (peralatan, mesin) sehinggabr / pada saat dibutuhkan dapat dipakai sesuai kondisi yang diharapkan. Hal ini dapatbr / dicapai dengan melakukan kegiatan pemeliharaan dan perawatan terhadap mesinbr / tersebut.br / Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah Autonomous Maintenance, yangbr / merupakan salah satu pilar dari Total Productive Maintenance (TPM). Autonomousbr / Maintenance adalah kegiatan yang dirancang untuk melibatkan operator dalambr / merawat mesin. Tujuan autonomous maintenance merubah paradigma lama bahwabr / operator produksi hanyalah mahir mengoprasikan mesin saja sehingga tidak perlubr / paham dan tidak perlu peduli dengan kerusakan mesin dan kualitas produk yangbr / dihasilkan oleh mesin.br / Penelitian dilakukan di PT. WIKA INTRADE yang bergerak dibidang industribr / manufaktur, penelitian ini berfokus pada mesin CNC type TMV-760 yangbr / melakukan proses machining terhadap produk Pipe Intake 17113-EON40 HINO.br / Permasalahan yang muncul pada mesin ini adalah sering terjadinya pemberhentianbr / pada saat beroprasi yang disebabkan kerusakan mesin dan komponenkomponennya,br / karena pemeliharaan yang dilakukan oleh operator sangat sederhana,br / disebabkan kurangnya keterampilan dari operator. Tahapan pertama melakukanbr / pengukuran efektivitas mesin CNC type TMV-760 menggunakan metode OEE,br / kemudian melakukan perbaikan dengan mengusulkan metode autonomousbr / maintenance.br / Data yang digunakan data satu tahun terakhir yaitu Bulan Januari-Desember 2010.br / Selama periode tersebut diperoleh nilai Overall Equipment Effectiveness (OEE)br / yang berkisar antara 78,90%-89,23%, ternyata tidak semua bulan sudah mempunyaibr / nilai OEE ideal yaitu 85%. Hal ini disebabkan lamanya downtime dan rejectbr / produk masih banyak, dikarenakan operator masih memakai paradigma lama. Olehbr / karena itu diusulkan penerapan metode autonomous maintenance pada operatorbr / mesin CNC type TMV-760 bertujuan untuk merubah paradigma lama.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: TPM, Overall Equipment Effectiveness, Autonomous Maintenance.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:59
Last Modified: 16 Nov 2016 07:59
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/20721

Actions (login required)

View Item View Item