Analisis Saluran Komunikasi Personal Dan Non Personal Dampaknya Terhadap Sikap Konsumen Pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah Baitul Maal Wattamwil (BMT) As-Salam Cianjur

Bobby, (2011) Analisis Saluran Komunikasi Personal Dan Non Personal Dampaknya Terhadap Sikap Konsumen Pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah Baitul Maal Wattamwil (BMT) As-Salam Cianjur.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan di lembaga keuangan mikro syariah BMT As-Salam Cianjur. Fenomena yang terjadi adalah kurang maksimalnya penggunaan saluran komunikasi pemasaran baik secara personal maupun non personal yang telah dilakukan BMT As - Salam sendiri, sehingga pengawasan dan pembentukan sikap konsumen yang berlandaskan pada metoda syariah kurang dapat tercapai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak dari saluran komunikasi personal dan non personal terhadap sikap konsumen pada lembaga keuangan mikro syariah BMT As-Salam Cianjur.br /br /br / Metoda yang digunakan dalam penelitian ini adalah metoda kualitatif dan kuantitatif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah konsumen atau mitra kerja BMT As-Salam Cianjur yang berjumlah 75 orang sebagai sampel pendukung. Pengujian statistik yang dilakukan adalah perhitungan korelasi person, analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi, uji hipotesis dan juga menggunakan bantuan SPSS 17.0 for windows.br /br /br / Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan saluran komunikasi personal di BMT As-Salam secara keseluruhan dalam kriteria baik. Begitupun dengan saluran komunikasi non personal. Sementara itu hasil penelitian untuk sikap konsumen menunjukan nilai positif atau dalam kriteria baik. Untuk pengujian secara parsial untuk variabel saluran komunikasi personal memiliki pengaruh positif sebesar 18,8%. Namun tidak cukup signifikan dalam memberikan dampak pada sikap konsumen. Untuk saluran komunikasi non personal memiliki pengaruh positif sebesar 35,4% dan signifikan dalam memberikan dampak pada sikap konsumen. Secara simultan besarnya pengaruh atau dampak dari komunikasi pemasaran (saluran komunikasi personal dan non personal) terhadap sikap konsumen adalah sebesar 54,3%. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan saluran komunikasi pemasaran baik secara personal maupun non personal dapat memberi dampak positif bagi sikap konsumen. Sehingga efektifitas dalam melakukan komunikasi pemasaran metoda syariah (saluran komunikasi personal dan non personal) sangat diperlukan dalam menunjang pembentukan sikap konsumen BMT As-Salam sendiri.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pemasaran, Saluran komunikasi personal, Saluran komunikasi non personal, Sikap.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:59
Last Modified: 16 Nov 2016 07:59
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/20722

Actions (login required)

View Item View Item