Usulan Peningkatan Pengendalian Kualitas produk Kemeja Formal Dengan Menggunakan Metode Six Sigma (DMAIC) Di PT. Dewhirst Menswear

Pratama, Angga (2011) Usulan Peningkatan Pengendalian Kualitas produk Kemeja Formal Dengan Menggunakan Metode Six Sigma (DMAIC) Di PT. Dewhirst Menswear.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dalam situasi persaingan global yang semakin kompetitif, persoalan kualitas produkbr / menjadi isu sentral bagi setiap perusahaan. Kemampuan perusahaan untuk menyediakanbr / produk yang berkualitas akan menjadi senjata untuk memenangkan persaingan, karenabr / dengan memberikan produk yang kualitas kepuasan konsumen akan tercapai. Olehbr / karena itu perhatian terhadap suatu kualitas produk dapat memberikan dampak positifbr / kepada perusahaan itu sendiri, kondisi ini mengharuskan suatu perusahaan harusbr / mengolah seluruh sumberdaya yang dimiliki secara optimal dan melakukan perbaikanperbaikanbr / secara intensif terhadap sistem kerja yang ada secara efektif dan efesien.br / Penelitian ini dilakukan di PT. Dewhisrt Menswear. Permasalahan yang diangkat dalambr / penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas produk kemeja karena masihbr / tingginya tingkat kecacatan pada produksi kemeja, dimana pengkontrolan kualitasbr / masih ditekankan pada produk akhir yang dilakukan secara manual dan belum dibr / lengkapi dengan metode dalam mengelola kualitas, sehingga perlu dilakukan suatubr / metode yang dapat digunakan untuk pengendalian proses dan kualitas produkbr / Penelitian ini menggunakan metode six sigma yang bertujuan untuk mengindentifikasibr / segala jenis cacat yang ada dalam produk kemeja, mencari penyebab terhadap kecacatanbr / yang terjadi dalam produk kemeja,. Dan dapat dijadikan ukuran kinerja sistem industribr / yang memungkinkan melakukan peningkatan kualitas yang luar biasa dengan trobosanbr / setrategi yang aktual. Tahapan dari implementasi six sigma adalah define, measure,br / analyze, improve dan control (DMAIC) pada tugas akhir ini dilakukan empat dari limabr / tahapan dalam metode six sigma yaitu define, measure, analyze dan improve.br / Dari penelitian yang dilakukan di PT. Dewhisrt Menswear dengan menggunakanbr / metode six sigma dapat diketahui DPMO proses terendah yaitu bulan agustus 2010br / dengan DPMO sebesar 6897 dengan level sigma 4. Setelah menganalisis faktorbr / penyebab cacat menggunakan fishbone yang terdiri dari faktor mesin, material, metode,br / manusia dan suatu pertanyaan dengan menggunakan 5W +1H maka usulan perbaikanbr / kepada perusahaan diharapkan perusahaan dapat mengetahui penyebab kecacatan sertabr / mampu melakukan tindakan perbaikan yang lebih baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: six sigma, defects per million opportunities (DPMO), fishbone, 5W + 1 H.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:59
Last Modified: 16 Nov 2016 07:59
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/20725

Actions (login required)

View Item View Item