Analisis Rasio Lancar Dan Rasio Perputaran Total Aktiva Dampaknya Terhadap Perubahan Laba Setelah Pajak Pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk Periode 2003-2009

Mega Ika Safitri Dimaja, Bunga (2011) Analisis Rasio Lancar Dan Rasio Perputaran Total Aktiva Dampaknya Terhadap Perubahan Laba Setelah Pajak Pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk Periode 2003-2009.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisa dampak dari variabelbr / currentt ratio (Rasio lancar) dan Total Asset Turnover (Perputaran total aktiva) terhadapbr / Earning After Tax (laba setelah pajak) pada perusahaan industri manufaktur yaitu PT Indofoodbr / Sukses Makmur Tbk. Data yang diperoleh dengan metode Sampling dalah laporan keuangan PTbr / Indofood Sukses Makmur Tbk selama periode penelitian yaitu dari periode tahun 2003 samapibr / tahun 2009, dan data yang diambil terfokus pada pokok pembahasan yaitu data empiris variabelbr / CR, TAT, dan EAT. Sedangkan untuk metode yang digunakan dalam penelitian ini adalahbr / metode deskriptif (kualitatif) dan metode verifikatif (kuantitatif).br / Dalam penelitian ini metode deskriptif digunakan untuk menggambarkan perkembanganbr / CR, TAT, dan EAT sedangkan untuk metode verifikatif digunakan untuk mengetahui pengaruhbr / CR dan TAT terhadap EAT baik secara parsial maupun secara simultan. Sedangkan untukbr / Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kuantitatif, karena databr / Current Ratio dan Total Asset Turnover juga Earning After Tax yang diperoleh berupa databr / kuantitatif.br / Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Perkembangan Current Rasio (CR) padabr / PT. Indofood Sukses Makmur Tbk dari tahun 2003 sampai 2008 mengalami penurunan yangbr / signifikan, namun Current Rasio (CR) kembali naik pada tahun berikutnya. PT. Indofood Suksesbr / Makmur Tbk belum dapat mengembalikan angka Current Rasio (CR) keangka awal (tahun 2003)br / atau meningkatkan lebih dari yang pernah dicapai. Meski demikian ada perkembangan positifbr / pada tahun terakhir tahun penelitian yang dapat memberi kecenderungan positif untuk tahuntahunbr / berikutnya. Perkembangan Total Asset Turnover pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbkbr / dari tahun 2003 hingga tahun 2009 mengalami peningkatan dan penurunan. Peningakatanbr / terbesar terjadi di tahun 2005 dan tahun 2006, sedangkan penurunan terbesar pada tahun 2007.br / Perubahan Earning After Tax pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk mengalami penurunanbr / (rugi) pada 3 tahun pertama berturur- turut, namun ditahun 2006 meningkat pesat sekaligusbr / menjadi rasio tertinggi yang bisa dicapai dalam 6 tahun, kemudian menurun didua tahunbr / terakhir. Namun kembali naik pesat di tahun 2009. Secara simultan tidak terdapat pengaruhbr / yang signifikan antara Current Ratio (CR) dan Total Asset Turnover (TAT) terhadap Earningbr / After Tax (EAT) dengan besar pengaruh sebesar 46,0% dan sisanya sebesar 54,0% merupakanbr / variabel lain yang tidak diteliti. Secara parsial, variabel yang memiliki pengaruh terhadapbr / Earning After Tax (EAT) adalah variabel Total Asset Turnover (TAT) dengan pengaruh sebesarbr / 26,7% dan variabel Current Ratio (CR) memberikan pengaruh terhadap Earning After Taxbr / (EAT) dengan pengaruh hanya 19,3%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Current Rasio ( CR ), Total Asset Turnover ( TAT ), dan Earning After Tax (EAT).
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:59
Last Modified: 16 Nov 2016 07:59
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/20755

Actions (login required)

View Item View Item