Penjadwalan N Job M Mesin Dalam Proses Pembuatan Produk Ass Mesin Jahit Dan Baut Bearing Di PT. Sinar Sakti Matra Nusantara Bandung

Aryono, Kolumbanus (2011) Penjadwalan N Job M Mesin Dalam Proses Pembuatan Produk Ass Mesin Jahit Dan Baut Bearing Di PT. Sinar Sakti Matra Nusantara Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT. Sinar Sakti Matra Nusantara merupakan salah satu perusahaan manufaktur di Bandung. Penjadwalan yang dilakukan oleh PT. SINAR SAKTI MATRA NUSANTARA sudah berstandar internasional. Namun pada saat ini penerapannya kembali ke dalam sistem yang lama, yaitu penjadwalan dilakukan berdasarkan pembuatan produk yang memiliki jumlah komponen yang paling banyak dan jumlah proses operasi yang paling banyak di prioritaskan pertama. Sedangkan produk yang memiliki jumlah komponen dan proses operasinya lebih sedikit diprioritaskan pengerjaannya setelah produk yang memiliki komponen jumlah komponen dan proses operasi yang paling banyak.br / Penjadwalan pada penelitian ini dilakukan dengan dengan menggunakan metode priority dispatching dengan algoritma jadwal aktif dan jadwal non delay. Pada jadwal aktif tidak ada operasi yang dapat dilakukan lebih awal tanpa menunda operasi lainnya atau melanggar technological constrain (memberikan urutan proses pada setiap job atau dengan kata lain memberikan routing untuk setiap job). Sedangkan jadwal non delay adalah kumpulan jadwal feasible dimana tidak satupun mesin dibiarkan menganggur jika pada saat yang sama terdapat operasi yang memerlukan mesin tersebut.br / Penjadwalan mesin dengan sistem lama yang dilakukan oleh perusahaan memiliki makespan yang sangat lama sebesar 3656 menit. Sedangkan penjadwalan mesin metode priority dispatching dengan algoritma jadwal aktif memiliki makespan lebih pendek sebesar 1657 menit. Dan penjadwalan mesin dengan algoritma jadwal non delay memiliki makespan sama sebesar 1657 menit.br / Penjadwalan yang terpilih adalah penjadwalan mesin metode priority dispatching dengan algoritma jadwal aktif atau jadwal non delay. Karena penjadwalan algoritma jadwal aktif dan penjadwalan mesin dengan menggunakan algoritma jadwal non delay memiliki makespan paling pendek dibandingkan dengan penjadwalan dengan sistem lama yang dilakukan oleh perusahaan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: penjadwalan, sistem lama, jadwal aktif, jadwal non delay, makespan.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:59
Last Modified: 16 Nov 2016 07:59
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/20758

Actions (login required)

View Item View Item