Pengembangan Koreksi Esai Otomatis Pada E-Learning Di SMK Plus An-Naba Sukabumi Dengan Menggunakan Metode Latent Semantyc Analysys (LSA)

Sofyan, Mashun (2015) Pengembangan Koreksi Esai Otomatis Pada E-Learning Di SMK Plus An-Naba Sukabumi Dengan Menggunakan Metode Latent Semantyc Analysys (LSA).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pengkoreksian soal esai secara manual yang menghabiskan waktu lebih lama dibandingkan dengan mengoreksi soal esai secara otomatis. Dibutuhkan waktu sekitar 1 menit tiap soal untuk mengkoreksi soal esai secara manual. Jika akan mengkoreksi 30 soal maka dibutuhkan waktu sekitar 30 menit, sedangkan jumlah pelajar di SMK Plus An-Naba Sukabumi sekitar 200 orang. Berdasarkan pemikiran tersebut, perlu dikembangkan sebuah sistem otomatis yang membantu proses penilaian esai. Pengembangan Sistem PenilaianEsai Otomatis pada Tugas Akhir ini menggunakan Metode Latent Semantyc Analysis (LSA) yaitu dengan merepresentasikan kalimat dalam sebuah matriks semantik yang kemudian dilakukan perhitungan matematis dengan mencocokan atau memetakan ada atau tidaknya kata dari kelompok kata pada matriks menggunakan teknik aljabar linear Singular Value Decomposition (SVD). Berdasarkan hasil data penelitian alpha dan betha dapat diambil sebuah kesimpulan bahwa pengembangan fungsionalitas koreksi esai di SMK Plus An- Naba Sukabumi mampu melaksanakan proses koreksi soal jenis esai dengan lebih cepat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: LSA, Latent Semantyc Analysis, Singular Value Decomposition (SVD).
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:59
Last Modified: 16 Nov 2016 07:59
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/20772

Actions (login required)

View Item View Item