Peranan Badan Arbitrase Internasional United Nations Commission On International Trade Law (UNCITRAL) Dalam Penyelesaian Sengketa Divestasi Saham Antara Pemerintah Indonesia Dengan PT. Newmont Nusa Tenggara 2008-2009

F, Dwi and Moenardy, (2015) Peranan Badan Arbitrase Internasional United Nations Commission On International Trade Law (UNCITRAL) Dalam Penyelesaian Sengketa Divestasi Saham Antara Pemerintah Indonesia Dengan PT. Newmont Nusa Tenggara 2008-2009.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi lembaga arbitrase internasional yang dipandang sebagai salah satu alternatif cara penyelesaian sengketa yang efektif dan adil. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan Badan Arbitrase United Nation Commision on International Trade Law (UNCITRAL) dalam Penyelesaian Sengketa Divestasi Saham antara Pemerintah Indonesia dengan PT. Newmont Nusa Tenggara dengan batasan waktu penelitian dari tahun 2008 sampai tahun 2009. Dalam penelitian ini peneliti mencoba untuk menganalisis apa alasan pemilihan UNCITRAL, bagaimana proses penyelesaian sengketa, apa saja yang dilakukan UNCITRAL dalam penyelesaian sengketa, dan apa saja kendala UNCITRAL dalam penyelesaian sengketa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Data dikumpulkan dengan melakukan wawancara dan studi literatur serta penelusuran website. Penelitian dilakukan di Biro Hukum dan Humas Kementerian Energi Sumber Daya dan Mineral, PT. Newmont Nusa Tenggara Jakarta, serta UNCITRAL. Hasil penelitian ini menunjukan alasan dalam pemilihan UNCITRAL berdasarkan klausul arbitrase yang dibuat atas kesepakatan bersama dalam penunjukan UNCITRAL dan penelitian ini juga menjelaskan mengenai proses penyelesaiannya dibawah prosedur UNCITRAL Arbitration Rules dan hasil keputusan sengketa divestasi. Hasil kesimpulan menunjukan alasan dibalik pemilihan UNCITRAL yaitu bahwa sebagai aktor independen UNCITRAL dipercaya dapat membuat keputusan-keputusan sendiri tanpa dipengaruhi oleh kekuasaan atau paksaan dari luar. Dan dengan berjalannya proses penyelesaian sengketa oleh Majelis Arbitrase dibawah prosedur UNCITRAL, maka UNCITRAL menjalankan peranannya sebagai instrumen yang digunakan Indonesia untuk mencapai tujuannya mendapat divestasi saham dari PT.NNT.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sengketa Divestasi, UNCITRAL, Arbitrase Internasional
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Hubungan Internasional > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:59
Last Modified: 16 Nov 2016 07:59
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/20780

Actions (login required)

View Item View Item