Peranan International Labour Organization (ILO) Melalui Proyek Propel (Promoting Rights And Oppornnuties For People With Disanilities In Employment Throught) Indonesia Dalam Mempromosikan Hak Kesempatan Kerja Bagi Para Penyandang Disabilitas Di Indonesia

Budi Widya Hanny, Fitria (2015) Peranan International Labour Organization (ILO) Melalui Proyek Propel (Promoting Rights And Oppornnuties For People With Disanilities In Employment Throught) Indonesia Dalam Mempromosikan Hak Kesempatan Kerja Bagi Para Penyandang Disabilitas Di Indonesia. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan serta upaya yang dilakukan ILO dalam mempromosikan hak kesempatan kerja para penyandang disabilitas di Indonesia pada tahun 2012-2014. Peneliti mencoba menganalisis dengan pendekatan-pendekatan Hubungan Internasional. Kerjasama Internasional, Organisasi Internasional dan pendekatan HAM terkait peranan ILO dalam menjalankan mandatnya yakni mewujudkan kondisi kerja layak di Indonesia dengan mempromosikan hak kesempatan kerja penyandang disabilitas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data studi pustaka (penelusuran online, wawancara, dokumentasi). Adapun untuk menganalisa data, peneliti memakai teknik reduksi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan yang dilakukan oleh ILO melalui proyek PROPEL-Indonesia dalam mempromosikan hak kesempatan kerja penyandang disabilitas di Indonesia berperan sebagai wadah dan sarana. ILO membantu, mensosialisasikan, melakukan pendekatan, memberikan asistensi teknikal maupun merekomendasikan solusi-solusi ataupun kebijakan-kebijakan dalam menangani masalah disabilitas terhadap pemerintah, pengusaha maupun serikat kerja di Indonesia. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ILO telah berkontribusi dalam mempromosikan hak kesempatan kerja para penyandang disabilitas di Indonesia, ini dilihat dari banyak pemangku kebijakan yang mulai mengangkat isu disabilitas dalam memberikan kesempatan kerja kepada penyandang disabilitas Indonesia dan menjadi prioritasnya RUU Penyandang Disabilitas bagi Pemerintah Indonesia saat ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: ILO, Organisasi Internasional, PROPEL, Penyandang Disabilitas, Hak Kesempatan Kerja.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Hubungan Internasional > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:59
Last Modified: 16 Nov 2016 07:59
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/20781

Actions (login required)

View Item View Item