Pola Komunikasi Pedagang Dengan Pembeli Di International Trade Centre (ITC) Bandung (Studi Deskriptif Tentang Pola Komunikasi Antarbudaya Pedagang PAdang Dengan pembeli Masyarakat Sunda Dalam kegiatan Transaksi Di International Trade Centre Bandung)

Irawan, Irfan (2015) Pola Komunikasi Pedagang Dengan Pembeli Di International Trade Centre (ITC) Bandung (Studi Deskriptif Tentang Pola Komunikasi Antarbudaya Pedagang PAdang Dengan pembeli Masyarakat Sunda Dalam kegiatan Transaksi Di International Trade Centre Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pola Komunikasi Pedagang Dengan Pembeli Di International Trade Centre (ITC) Bandung (Studi Deskriptif Tentang Pola Komunikasi Antarbudaya Pedagang Padang Dengan Pembeli Masyarakat Sunda Dalam Kegiatan Transaksi Di ITC Bandung). Subfokus dari penelitian ini yaitu Proses Komunikasi dan Hambatan Komunikasi. Metode penelitian adalah menggunakan kualitatif dengan studi deskriptif. Informan dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling, informan penelitian berjumlah 6 (enam) orang yang terdiri dari 3 (tiga) orang pedagang asal kota Padang dan 3 (tiga) orang pembeli Masyarakat Sunda. serta menggunakan teknik pengumpulan data secara wawancara, observasi, dokumentasi, studi pustaka dan internet searching. Hasil dari penelitian ini adalah Proses Komunikasi antara pedagang asal kota Padang dengan pembeli Masyarakat Sunda menggunakan proses komunikasi primer, yaitu tidak menggunakan media atau pun perantara dalam kegiatan transaksi yang dilakukan, Hambatan yang ditemui antara pedagang asal kota Padang dengan pembeli Masyarakat Sunda adalah hambatan antropologi, hambatan semantik dan hambatan mekanik. Kesimpulan penelitian, bahwa pola komunikasi antarbudaya pedagang asal kota Padang dengan pembeli Masyarakat Sunda terjadi melalui dua tahap, yaitu sebelum terjadinya tawar-menawar dan sebelum tawar-menawar itu berlangsung. Sebelum terjadinya transaksi atau tawar-menawar itu berlangsung, sapaan terhadap pembeli, bersikap ramah, sopan, serta menyisipkan sedikit humor. Sedangkan saat berlangsunya transaksi berupa memberikan rayuan agar transaksi menacapi kesepakatan. Saran dalam penelitian ini, pedagang asal kota Padang sebaiknya dapat memahami serta beradaptasi dengan kebiasaan dan budaya Masyarakat Sunda, jika sesekali menggunakan bahasa Sunda, gunakanlah istilah atau kata yang sederhana dan mudah dimengerti agar tidak menimbulkan kesalah pahaman antara pedagang asal kota Padang dengan Masyarakat Sunda. Keyword: Pola Komunikasi Antarbudaya, Proses Komunikasi, Hambatan Komunikasi

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi Antarbudaya, Proses Komunikasi, Hambatan Komunikasi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:59
Last Modified: 16 Nov 2016 07:59
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/20791

Actions (login required)

View Item View Item