Pola Komunikasi Manajemen Komunitas Hong Bandung Dalam Pelestarian Permainan Tradisional Sunda (studi Deskriptif Pola Komunikasi Manajemen Komunitas Hong Bandung Daam Pelestarian Permainan Tradisional Sunda)

Ramadhan Hykmatiar, Reza (2015) Pola Komunikasi Manajemen Komunitas Hong Bandung Dalam Pelestarian Permainan Tradisional Sunda (studi Deskriptif Pola Komunikasi Manajemen Komunitas Hong Bandung Daam Pelestarian Permainan Tradisional Sunda).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk mendeskripsikan mengenai Pola Komunikasi Manajemen Komunitas Hong Bandung Dalam Pelestarian Permainan Tradisional Sunda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi manajemen komunitas hong dalam pelestarian permainan tradisional sunda. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kemudian dianalisis berdasarkan arus pesan, hambatan dan peranan tugas kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan medote studi deskriptif. Jumlah informan penelitian terhitung sebanyak 3 orang. Pemilihan informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka, internet searching, studi lapangan, observasi non partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Adapun teknik analisa data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa Arus Pesan yang terjadi di dalam Manajemen Komunitas Hong berjalan sesuai dengan tujuan dalam setiap kegiatan pelestarian permainan tradisional sunda, komunikasi vertikal dan komunikasi horizontal merupakan fasilitas dalam membangun dan menyusun rencana hingga evalusi dengan sistem kekeluargaan. Hambatan yang jarang terjadi di Komunitas Hong membuat pola komunikasi berjalan dengan alur yang selaras, apabila hambatan terjadi seperti kekurangan instruktur workshop dan pengiring musik untuk pertunjukan, Manajemen Komunitas Hong dapat menyelesaikannya dengan musyawarah. Peranan Tugas Anggota merupakan kunci agar kegiatan dan proses komunikasi berjalan dengan sebagaimana mestinya. Setiap anggota manajemen mempunyai tugasnya masing-masing, baik untuk mencari dan mengusulkan gagasan-gagasan baru atau mendorong untuk mengambil keputusan dengan baik dan cepat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pola Komunikasi Manajemen Komunitas Hong Bandung Dalam Pelestarian Permainan Tradisional Sunda telah membentuk sebuah pola komunikasi yang terbuka dan kekeluargaan sehingga untuk mengatur perencanaan, konsep kegiatan pelestarian permainan tradisional sunda dapat dihasilkan melalui diskusi yang membuat pelestarian dapat berjalan sesuai dengan tujuan komunitas. Saran dari penelitian ini adalah dari pihak Manajemen Komunitas Hong sebaiknya mampu meningkatkan cara promosi kegiatan pelestarian permainan tradisional sunda melalui media yang lebih luas contohnya media sosial. Pihak Manajemen harus menyusun struktur organisasi agar dapat menunjang Komunitasnya dalam mencapai tujuan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi, Komunitas Hong, Manajemen, Pelestarian
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:59
Last Modified: 16 Nov 2016 07:59
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/20792

Actions (login required)

View Item View Item