Aktivitas Komunikasi Dalam Pertunjukan Sampyong Di Kabupaten Majalengka

Ilham, Muhamad (2015) Aktivitas Komunikasi Dalam Pertunjukan Sampyong Di Kabupaten Majalengka. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Aktivitas Komunikasi dalam Pertunjukkan Sampyong di Kabupaten Majalengka. Untuk menjelaskan penelitian ini, fokus permasalahan mikro dari penelitian terbagi menjadi situasi komunikatif, peristiwa komunikatif, dan tindak komunikatif dari pertunjukkan sampyong. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi komunikasi dan didukung oleh teori interaksi simbolik. Informan pada penelitian ini berjumlah empat orang. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi non partisipan, dokumentasi, studi pustaka, dan pencarian internet. Teknik analisis data yang digunakan ialah deskripsi, analisis, dan interpretasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pertunjukkan Sampyong memiliki dua situasi komunikatif, latihan dan pertunjukkan. Peristiwa komunikatif terbagi menjadi: Tempat dan waktu pertunjukkan berlangsung pada acara hajatan, ulang tahun Majalengka, dan acara-acara kebudayaan lain. Pertunjukkan sampyong terdiri dari dua penari dan satu wasit atau biasa disebut malandang. Tujuan dari pertunjukkan sampyong ialah untuk memperkenalkan kesenian khas dari Majalengka, dan juga untuk hiburan. Pertunjukkan sampyng terdiri dari tiga tahap, pembukaan, inti penampilan, dan penutupan. Inti penampilan pada pertunjukkan sampyong saat para pemain sampyong saling bergantian memukul dan dipukul. Peraturan dalam pertunjukkan ini bahwa pemain dapat memukul tiga kali pada bagian betis dan paha belakang. Tindak Komunikatif dalam pertunjukkan sampyong didominasi oleh bahasa nonverbal. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa aktivitas dalam pertunjukkan sampyong terbagi menjadi persiapan dan pertunjukkan. Pertunjukkan sampyong terdiri dari satu wasit atau malandang dan dua pemain sampyong. pertunjukkan ini didominasi oleh komunikasi nonverbal yang tampak pada gerakan-gerakan yang dibuat oleh para pemain sampyong selama melakukan pertunjukkan. Saran peneliti kepada Padepokan Seni Sunda Rancage untuk mengembangkan model pertunjukkan baru dari pertunjukkan sampyong harus mampu membawa perubahan terhadap kesenian sampyong, sehingga kesenian ini akan terhindar dari kepunahan. Kata Kunci : Etnografi Komunikasi, Aktivitas Komunikasi, Situasi Komunikatif, Peristiwa Komunikatif, Tindak Komunikatif, Pertunjukkan Sampyong.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Etnografi Komunikasi, Aktivitas Komunikasi, Situasi Komunikatif, Peristiwa Komunikatif, Tindak Komunikatif, Pertunjukkan Sampyong.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:59
Last Modified: 16 Nov 2016 07:59
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/20795

Actions (login required)

View Item View Item