Konstruksi Dongeng Dedemit Curug Sanghiyang DI Radio Lita 90.9 FM Bandung (Studi Deskriptif Konstruksi Sosial Radio Mengenai Dongeng Dedemit Curug Sanghiyang Dalam program Acara Dongeng Sunda Mang Barna Di Radio Lita 90.9Fm Bandung)

Gent Mispagi, Gent (2015) Konstruksi Dongeng Dedemit Curug Sanghiyang DI Radio Lita 90.9 FM Bandung (Studi Deskriptif Konstruksi Sosial Radio Mengenai Dongeng Dedemit Curug Sanghiyang Dalam program Acara Dongeng Sunda Mang Barna Di Radio Lita 90.9Fm Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini disusun untuk mengetahui konstruksi sosial Radio Lita 90,9 FM Bandung dalam mengkonstruksi Dongeng Dedemit Curug Sanghiyang, yang tediri dari sub fokus eksternalisasi, objektivasi, dan internaliasi dari radio Lita dalam mengkonstruksi Dongeng Dedemit Curug Sanghiyang dalam program acara dongeng sunda Mang Barna.Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan mengunakan studi deskriptif konstruksi sosial radio. Informan dalam penelitian ini berjumlah 2 orang sebagai infroman utama. Data yang diperoleh melalaui studi pustaka, penelusuran melalui internet, studi lapangan dengan melakukan wawancara mendalam dan dokumentasi. Adapun teknik analisa data yang digunakan adalah reduksi data, pengumpulan data, penyajian data, penarikan kesimpulan serta evaluasi dengan uji keabsahan data dengan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada tahapan eksternalisasi, Radio Lita mengkonstruksi Dongeng Dedemit Curug Sanghyang yang dilakukan oleh direktris dan owner Radio Lita dengan Mang Barna Dan Team Produksi Yang Membentuk masyarakat sosial yang di objektivasi melalui tanda yang dilakukan oleh radio lita sesuai dengan visi dan misinya yang mana dalam dongeng dedemit curug sanghiyang terdapat nilai agama islam, tatana bahasa sunda, dan budaya sunda yang ada dalam dongeng dedemit curug sanghiyang, internalisasikan melalui dongeng Dedemit Curug Sanghiyang. di Radio Lita merupakan pemahaman mengenai subyektif dan obyektif pendengar (masyarakat) dan pencipta program acara baik pemilik atau pun penyiar acara tersebut. Dari Penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil konstruksi dilakukan Radio Lita terhadapa Dongeng Dedemit Curug Sanghiyang mengenai ekternaliasasi dan objetivasi dan internalisasi tidak terlepas dari individu- individu yang tidak terlepas dari pandangan subjetivitas dalam melakukan pemaknaan dari dongeng dedemit curug sanghiyang. Saran yang dapat peneliti berikan bahwa diharapkan Radio Lita dengan acara dongeng sunda Mang Barna dapat melestarikan kebudayaan sunda dan bahasa sunda melalui acar dongeng tersebut.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Konstruksi Dongeng Dedemit Curug Sanghiyang di radio lita 90,9 FM Bandung.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:59
Last Modified: 16 Nov 2016 07:59
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/20800

Actions (login required)

View Item View Item