Peranan Humas Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Provinsi Media Relations (studi Deksriptif Mengenal Peranan Humas Dinas Pariwisata Dan kebudayaan Provinsi Jawa Barat Melalui Media Relations Dalam Memberikan Informasi Kepada Wartawan Media Cetak)

Khoiri, Vian (2015) Peranan Humas Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Provinsi Media Relations (studi Deksriptif Mengenal Peranan Humas Dinas Pariwisata Dan kebudayaan Provinsi Jawa Barat Melalui Media Relations Dalam Memberikan Informasi Kepada Wartawan Media Cetak).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan peranan Humas Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat melalui media relations dalam memberikan informasi kepada wartawan media cetak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan Humas Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat melalui media relations dalam memberikan informasi kepada wartawan media cetak ditinjau dari tujuan, kegiatan yang dilaksanakan, pesan yang disampaikan oleh Humas Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, dan bentuk media yang digunakan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data yang diperoleh peneliti didapatkan dengan cara wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, studi kepustakaan dan internet searching. Teknik yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah Pengelola dan Pelaksana Kehumasan Sub Bagian Humas Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat. Selain itu terdapat pula 2 orang wartawan media cetak sebagai informan pendukung. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukan bahwa tujuan yang ingin dicapai oleh Humas Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat melalui media relations dalam memberikan informasi yaitu memberikan informasi dengan jelas dan akurat kepada wartawan serta mudah dimengerti oleh masyarakat. Kegiatan yang dilakukan yaitu konferensi pers dan membuat press release secara rutin. Pesan yang disampaikan oleh Humas Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat yaitu pesan informatif mengenai kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Dinas dan disampaikan secara langsung (face to face) dan tidak langsung. Bentuk media yang digunakan adalah media elektronik dan media internet yang tersambung dengan seperangkat komputer untuk diolah dan memudahkan pemberian informasi kepada wartawan media cetak. Kesimpulan menunjukan bahwa peranan Humas Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat telah melakukan peranannya sesuai dengan fungsinya yaitu menyampaikan informasi. Saran untuk Humas Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat dalam pelaksanaan media relations antara lain dengan memasukkan variasi kegiatan baru yaitu press reception untuk mempererat tali silaturahmi antara Humas dengan wartawan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Peranan Humas, Media Relations, Wartawan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:59
Last Modified: 16 Nov 2016 07:59
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/20833

Actions (login required)

View Item View Item