Pengaruh Partisipasi Pengguna Terhadap Sistem Informasi Akuntansi Dan Implikasinya Pada Kualitas Informasi (Studi Pada KPP Pratama Bandung Di Wilayah Kanwil Jawa Barat)

Sunarya, Aditya (2011) Pengaruh Partisipasi Pengguna Terhadap Sistem Informasi Akuntansi Dan Implikasinya Pada Kualitas Informasi (Studi Pada KPP Pratama Bandung Di Wilayah Kanwil Jawa Barat).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Partisipasi Pengguna menunjukkan keikutsertaan pemakai dalambr / pengembangan sistem informasi. Adanya partisipasi pengguna diharapkan dapatbr / meningkatkan penerimaan sistem oleh pengguna. Sistem Informasi Akuntansibr / (SIA) adalah kumpulan dari subsistem-subsistem yang saling berhubungan satubr / sama lain, bekerjasama secara harmonis untuk mengolah data menjadi informasibr / keuangan yang diperlukan dalam proses pengambilan keputusan. Di DJP terdapatbr / sistem informasi akuntansi yaitu Sistem Informasi Keuangan, Kepegawaian danbr / Aktiva (SIKKA) dan Modul Penerimaan Negara (MPN) untuk menghasilkanbr / informasi yang lebih berkualitas. Sedangkan Informasi dikatakan berkualitasbr / apabila memiliki ciri yaitu Akurat, relevan, tepat waktu, dan lengkap dan dapatbr / digunakan baik bagi pihak internal maupun eksternal organisasi sebagai bahanbr / pengambilan keputusan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruhbr / Partisipasi Pengguna terhadap Penerapan SIA dan implikasinya pada Kualitasbr / Informasi Akuntansi di KPP Pratama Bandung di Wilayah Kanwil Jabar I.br / Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif danbr / verifikatif. Metode deskriptif digunakan untuk mengetahui gambaran masingbr / masing Variabel yang diteliti. Sedangkan verifikatif dengan analisis jalurbr / digunakan untuk mengetahui hubungan dan pengaruh antara Partisipasi Penggunabr / dan Penerapan SIA terhadap Kualitas informasi. Pengujian statistik yangbr / digunakan adalah perhitungan korelasi Person Product Moment, koefisienbr / determinasi, uji hipotesis dengan menggunakan software SPSS 14.0 for windows.br / Hasil dari penelitian menunjukkan Partisipasi Pengguna berpengaruhbr / terhadap Penerapan SIA secara signifikan sebesar 31,4%. Selain itu keduabr / variabel tersebut, berpengaruh secara Parsial dan Simultan terhadap Kualitasbr / informasi. Pengaruh Partisipasi Pengguna terhadap Kualitas Informasi Melaluibr / Penerapan SIA sebesar 34,8%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Partisipasi pengguna, Penerapan Sistem Informasi Akuntansi, Kualitas Informasi.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:59
Last Modified: 16 Nov 2016 07:59
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/20838

Actions (login required)

View Item View Item