Pengaruh Prinsip Keadilan Perpajakan terhadap kepatuhan Wajib Pajak Dan Implikasinya Pada Penerimaan Pajak (Survey Pada Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Barat I)

Herdiyani, Mella (2015) Pengaruh Prinsip Keadilan Perpajakan terhadap kepatuhan Wajib Pajak Dan Implikasinya Pada Penerimaan Pajak (Survey Pada Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Barat I).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Wajib Pajak merupakan salah satu aspek penting dan merupakan tulang punggung penerimaan pajak, semua kegiatan wajib pajak dalam menjalankan kewajiban perpajakannya telah diatur dalam Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP), Pada tahun ini harusnya penerimaan pajak di Indonesia dapat mencapai Rp. 1.000 triliun. Dengan jumlah wajib pajak orang pribadi sekitar 40 juta individu dan 5 juta badan usaha yang belum membayar pajak di Indonesia.Penerimaan Pajak merupakan sumber utama bagi penerimaan negara, sehingga penerimaan pajak sangat berguna bagi pembangunan nasional. Semakin besar kemampuan penerimaan pajak maka akan berguna untuk suatu negara baik untuk pembagunan nasional, belanja negara, maupun kebutuhan negara. Ada banyak faktor yang mempengaruhi tidak tercapainya target penerimaan pajak, namun di dalam penelitian ini keadilan pajak dan kepatuhan wajib pajak sebagai alat untuk meningkatkan penerimaan pajak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh prinsip keadilan perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak dan implikasipnya pada penerimaan pajak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Unit observasi dalam penelitian ini adalah pada Kanwil DJP Jabar 1. Pengujian statistik yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas path analisis dan pengujian hipotesis dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS untuk Microsoft Windows. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial, Prinsip Keadilan Perpajakan berpengaruh signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dan Kepatuhan wajib pajak berpengaruh signifikan terhadap Penerimaan Pajak.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Prinsip Keadilan Perpajakan, Kepatuhan Wajib Pajak dan Penerimaan Pajak
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:59
Last Modified: 16 Nov 2016 07:59
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/20868

Actions (login required)

View Item View Item