Sistem Informasi Monitoring Dan Evaluasi Kinerja Dosen Berdasarkan Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi Pada Universitas Komputer Indonesia

Fadilah, Lina (2015) Sistem Informasi Monitoring Dan Evaluasi Kinerja Dosen Berdasarkan Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi Pada Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Universitas Komputer Indonesia (Unikom) merupakan lembaga penyelenggara pendidikan tinggi yang memiliki peranan dalam mengembangkan sivitas akademika yang inovatif, responsif, kreatif, terampil, berdaya saing, dan kooperatif melalui pelaksanaan tridharma. Kualitas kinerja dosen sangat berpengaruh dalam mencapai tujuan tersebut. Adanya Sistem Informasi Evaluasi Perkuliahan (SIMEP) dapat membantu meningkatkan kinerja dosen tetapi berdasarkan penelitian terdahulu SIMEP belum memenuhi kriteria yang tepat sebagai evaluasi penilaian kinerja dosen karena hanya menilai indikator tridharma bidang pengajaran sedangkan bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan kegiatan penunjang lainnya belum dijadikan indikator. Berdasarkan uraian permasalahan diatas maka diperlukan sistem informasi yang dapat menilai kinerja dosen berdasarkan pelaksanaan tridharma. Pengembangan sistem informasi ini menggunakan metode prototype dengan tools UML (Unified Modeling Language) dalam menggambarkan pemodelan datanya. Bahasa pemrograman yang dipakai adalah bahasa pemrograman PHP dengan database management system MySQL. Pengujian yang digunakan untuk menguji aplikasi ini yaitu menggunakan metode pengujian Black box. Sistem informasi yang dikembangkan adalah sistem informasi monitoring dan evaluasi kinerja dosen UNIKOM (SIMONEV). SIMONEV diharapkan dapat membantu dosen dan pimpinan universitas dalam menilai kinerja dosen berdasarkan pelaksanaan tridharma. Penilaian angka kredit pada SIMONEV disesuaikan dengan pedoman operasional angka kredit kenaikan pangkat/jabatan akademik dosen tahun 2014. Penilaian tersebut dapat dijadikan landasan dalam pemberian reward berupa kenaikan jabatan fungsional.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, kinerja dosen, monitoring, sistem informasi, tridharma
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:59
Last Modified: 16 Nov 2016 07:59
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/20919

Actions (login required)

View Item View Item