Narrative Formation Of Mass Effect 3 Video Game: A Future Narrative

Topan Ramadhan, Ali (2016) Narrative Formation Of Mass Effect 3 Video Game: A Future Narrative.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan bagaimana proses narasi pada video game Mass Effect 3 terjadi dan menelisik faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan narasi. Pengkajian ini dilakukan dengan cara memainkan game tersebut dan mengulangnya kembali untuk melihat perbedaan dalam informasi yang disampaikan. Metode yang digunakan adalah deskriptif analisis, yakni metode yang memungkinkan dibuatnya deskripsi lengkap dari objek penelitian dalam bentuk data yang telah dipilih berdasarkan fenomena tertentu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Mass Effect 3 adalah multilinear sesuai dengan karakternya yang mampu memutar alur cerita. Narasi Mass Effect 3 dibentuk dengan awal yang yang tidak dapat dipengaruhi oleh pemain;pertengahan yang dapat dipengaruhi pemain dengan memilih opsi penyidikan dan menjelajahi gameworld- tindakan ini dapat mempengaruhi akhir cerita.Tindakan pemain tersebut dan juga imersi adalah faktor yang mempengaruhi narasi dan selama game berlangsung, cerita yang pertama kali diterima oleh pemain berbeda dengan saat pemain memutuskan untuk memainkan kembali dan memilih pilihan yang berbeda. Kemudian, tindakan-tindakan tersebut dapat mempengaruhi misi-misi berikutnya dan mempengaruhi kesimpulan dari pertempuran akhir melawan Reapers karena Mass Effect 3 memiliki berbagai akhiran cerita.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Formasi,Game, Narasi.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sastra > Sastra Inggris > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Sastra
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Sastra > Sastra Inggris (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:59
Last Modified: 16 Nov 2016 07:59
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/20963

Actions (login required)

View Item View Item