Peranan International Labour Organization Melalui Program International Programme On the Elimination Of Child Labour (IPEC) Dalam Penanggulangan Pekerja Anak Di Indonesia

Rizaka, Taufik (2011) Peranan International Labour Organization Melalui Program International Programme On the Elimination Of Child Labour (IPEC) Dalam Penanggulangan Pekerja Anak Di Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Masalah dari penelitian ini adalah meningkatnya ekploitasi ekonomi terhadap anak-anak yang bisa dikatakan pekerja anak. Hal tersebut disebabkan oleh faktor kemiskinan keluarga dan kurangnya akses pendidikan. Masalah pekerja rumah tangga anak di Kota Bandung telah menyebabkan anak-anak bekerja lebih dari tiga jam yang bisa menggangu tumbuh berkembangnya. Sehingga memerlukan upaya serius dari Pemerintah Indonesia. Namun, Pemerintah Indonesia menyadari bahwa dalam upaya tersebut, mereka tidak bisa mengatasinya sendiri mengingat banyaknya anak-anak yang bekerja di tempat yang berbahaya. Sehingga pemerintah Indonesia meratifikasi konvensi ILO. No.182 (Mengenai Pelarangan dan Tindakan Segera Penghapusan Bentuk-bentuk Pekerjaan Terburuk untuk Anak).br / Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan dari ILO dalam membantu Indonesia dalam penanggulangan pekerja rumah tangga anak di Kota Bandung, dimana upaya tersebut direalisasikan melalui penerapan International Programme On The Elimination Of Child labour (IPEC), dengan melibatkan lembaga non pemerintah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis, dimana dengan menggunakan metode ini dapat menggambarkan bagaimana sebuah peran dari organisasi internasional dalam upaya penanggulangan masalah pekerja anak di Indonesia.br / Hipotesis yang dihasilkan dari penelitian ini yaitu: Peranan International Labour Organization melalui Program International Programme On Elimination Of Child labour (IPEC) di Indonesia berperan dalam penanggulangan pekerja rumah tangga anak di Kota Bandung, dengan menjalin kerjasama dengan lembaga non-pemerintah, melalui pemberian bantuan teknis dan bantuan dana, yang di implementasikan oleh lembaga non-pemerintah dengan memberikan pendidikan keterampilan kepada pekerja rumah tangga anak��.br / Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa International Labour Organization memiliki peranan yang penting dalam upaya penaggulangan Pekerja Rumah Tangga Anak di Kota Bandung yang ditunjukkan oleh adanya implementasi oleh lembaga pelaksana berupa pemberian pendidikan keterampilan kepada pekerja rumah tangga anak di Kota Bandung.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: ILO, IPEC, Kota Bandung, anak-anak, pekerja rumah tangga anak
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Hubungan Internasional > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:59
Last Modified: 16 Nov 2016 07:59
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/20982

Actions (login required)

View Item View Item