Pengaruh Dukungan Venezuela Kepada Fuerzas Armadas Revolucionaries De Colombia (FARC) Terhadap Hubungan Bilateral Venezuela-Kolombia

A A Mote, Edoardo (2011) Pengaruh Dukungan Venezuela Kepada Fuerzas Armadas Revolucionaries De Colombia (FARC) Terhadap Hubungan Bilateral Venezuela-Kolombia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Isu utama yang menyebabkan menurunnya hubungan bilateral antara Venezuela �� Kolombia memiliki dua dimensi. Yang pertama adalah Ideologi dan kedua adalah Kepentingan Politik yang berbeda yang ingin dikejar kedua negara pada tataran bilateral maupun regional. Secara Ideologi, Venezuela adalah negara Sosialis dibawah rezim Chavez sementara Kolombia adalah Liberal-Kapitalis selama bertahun-tahun. Pemicu dari memburuknya hubungan kedua negara adalah dukungan Venezuela kepada kelompok pemberontak Kolombia, Fuerzas Armadas Revoluconaris de Colombia (FARC).br / Skripsi ini membahas tentang dampak dukungan Venezuela kepada kelompok pemberontak FARC dimasa rezim Chavez terhadap hubungan bilateralnya dengan Kolombia. Metode penelitian yang dipakai adalah studi literatur.br / Berdasarkan hasil penelitian yang didapat, keberadaan kelompok pemberontak FARC ini mendapat dukungan dari Venezuela berupa bantuan Finansial, bantuan persenjataan, bntun teritori dan bantuan diplomasi. Akibat dari terkuaknya bukti-bukti tersebut di tahun 2008, terjadi krisis hubungan Bilateral antar kedua Negara yang ditandai dengan penarikan duta besar masing-masing Negara, krisis perbatasan yang ditandai dengan penyiagaan pasukan militer disepanjang perbatasan kedua Negara serta ancaman krisis keamanan regional akibat rencana Kolombia yang ingin meningkatkan kehadiran pasukan serta persenjataan AS di Negara tersebut.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hubungan Luar Negeri, Konflik Internal, Kelompok Pemberontak
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Hubungan Internasional > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:59
Last Modified: 16 Nov 2016 07:59
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/20988

Actions (login required)

View Item View Item