Efektivitas Penggunaan Media Online Twitter Dalam UPaya Edukasi Bahaya penyalahgunaan Ganja Oleh Lingkar Ganja Nusantara (LGN) Parahyangan Di Kota Bandung

Dalton Purba Lumingkewas, Yericho (2016) Efektivitas Penggunaan Media Online Twitter Dalam UPaya Edukasi Bahaya penyalahgunaan Ganja Oleh Lingkar Ganja Nusantara (LGN) Parahyangan Di Kota Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media online twitter dalam upaya edukasi bahaya penyalahgunaan ganja oleh Lingkar Ganja Nusantara (LGN) Parahyangan di kota Bandung. Untuk menjawab tujuan penelitian, maka peneliti menanyakan tiga sub fokus yaitu pencapaian tujuan, pengintegrasian, dan adaptasi dari penggunaan media online twitter oleh LGN Parahyangan di kota Bandung . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Peneliti melakukan penetuan informan dengan menggunakan teknik purposive sampling dan peneliti menggunakan Studi Kepustakaan dan Penelusuran Data Online sebagai teknik pengumpulan data. Informan yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 4 orang yang terdiri dari 1 orang informan utama dan 3 orang followers @LGNParahyangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media online twitter dalam upaya edukasi bahaya penyalahgunaan ganja oleh LGN Parahyangan Di kota Bandung belum berjalan dengan efektif, dan terdapat beberapa kendala yang dihadapi. Kendala yang dihadapi LGN Parahyangan dalam pencapaian tujuan adalah masih banyaknya masyarakat yang awam terhadap twitter dan perbedaan mindset terhadap gerakan yang dilakukan LGN Parahyangan. Begitu juga dengan pengintegrasian dan adaptasi yang belum sepenuhnya berjalan dengan maksimal karena kurangnya pemahaman positif tentang pemanfaatan ganja dari masyarakat di kota Bandung dan perlu peningkatan kemampuan terhadap anggota LGN Parahyangan dalam penyampaian informasi bahaya penyalahgunaan ganja kepada followers akun twitter @LGNParahyangan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, penggunaan media online twitter dalam upaya edukasi bahaya penyalahgunaan ganja oleh LGN Parahyangan masih belum berjalan dengan maksimal. Hal tersebut karena terdapat faktor hambatan dari lingkungan dalam dan lingkungan luar organisasi LGN Parahyangan. Saran yang dapat peneliti berikan adalah informasi-informasi yang diberikan dalam kegiatan edukasi bahaya penyalahgunaan ganja menggunakan media online twitter lebih ditingkatkan lagi dan disesuaikan dengan keadaan lingkungan sosial di kota Bandung.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Deskriptif, Twitter, Edukasi, Bahaya Penyalahgunaan Ganja, LGN Parahyangan.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:59
Last Modified: 16 Nov 2016 07:59
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/20990

Actions (login required)

View Item View Item