Evaluasi Tarif Angkutan Umum Bus Kota Berdasarkan Analisis Willingness To Pay An Ability To Pay (Studi Kasus: Trans Metro Bandung Koridor 2)

Ayu Lestari, Eva (2016) Evaluasi Tarif Angkutan Umum Bus Kota Berdasarkan Analisis Willingness To Pay An Ability To Pay (Studi Kasus: Trans Metro Bandung Koridor 2).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Sebagai salah satu solusi dalam pemecahan masalah kemacetan pemerintah kota berupaya memperbaiki sarana angkutan umum massal. Khususnya di Kota Bandung, pemerintah menerapkan sarana angkutan umum masal dengan nama Trans Metro Bandung (TMB). Tarif normal yang ditetapkan sebesar Rp 1.500 untuk tarif pelajar dan Rp 3.000 untuk tarif umum. Bagi sebagian orang tarif merupakan faktor utama dalam pemilihan moda untuk melakukan perjalanan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tarif angkutan umum bus kota dengan menggunakan analisis Willingness to Pay dan Ability to Pay pada pengguna Trans Metro Bandung Koridor 2. Metode Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi dan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tarif berdasarkan analisis Ability to Pay dan Willingness to Pay adalah sebagai berikut:1. Berdasarkan perhitungan nilai WTP berdasarkan kategori pekerjaan didapatkan nilai WTP adalah sebesar Rp. 3251. Dari semua data yang telah diperoleh maka dapat diketahui bahwa tarif yang berlaku saat ini menurut pengguna adalah biasa saja. 2. Dari data-data tersebut diketahui bahwa pengguna lebih banyak yang merekomendasikan tarif tetap, yaitu sebesar Rp. 3000. Sedangkan pada perhitungan nilai ATP berdasarkan rata-rata didapatkan nilai ATP adalah sebesar Rp. 4152.Dari hasil yang didapatkan nilai WTP adalah sebesar Rp. 3251 dan nilai ATP adalah sebesar Rp. 4152, maka rata-rata yang didapat dari kedua nilai tersebut adalah sebesar Rp. 3.701. Jadi dari hasil tersebut dapat direkomendasikan tarif yang sesuai dengan WTP dan ATP pengguna adalah sebesar Rp. 3.701.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Tarif, Ability To Pay, Willingness To Pay
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Perencanaan Wilayah Dan Kota > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Perencanaan Wilayah dan Kota (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:59
Last Modified: 16 Nov 2016 07:59
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/21001

Actions (login required)

View Item View Item