Analisis Kapasitas Produksi Dengan Menggunakan Metode Rought Cut Capacity Planning (RCCP) Terhadap Produk Lampu Hemat Energi Di PT. Nikkatsu Electric Works Bandung

Setiawan, Agung (2011) Analisis Kapasitas Produksi Dengan Menggunakan Metode Rought Cut Capacity Planning (RCCP) Terhadap Produk Lampu Hemat Energi Di PT. Nikkatsu Electric Works Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT. NIKKATSU ELECTRIC WORKS adalah perusahaan yang bergerak dalambr / industri manufaktur yaitu produk alat-alat listrik. Produk yang dihasilkan olehbr / NIKKATSU ELECTRIC WORKS adalah Lampu Hemat Energy, Ballast, Corebr / dan Transformer. Kapasitas adalah jumlah dari keluaran maksimum yang bisabr / dihasilkan oleh suatu fasilitas dalam satu periode waktu tertentu. Seiring denganbr / kebutuhan, PT. NIKKATSU ELECTRIC WORKS pada kenyataannya melakukanbr / perencanaan produksi, tetapi pelaksanaanya tersebut hanya berdasarkan hasilbr / penjualan periode sebelumnya, sehingga memungkinkan terjadinya waktubr / produksi yang tidak optimal dan mengharuskan adanya penambahan waktubr / produksi (jam lembur). Maka kendala yang di hadapi adalah apakah kapasitasbr / waktu produksi sudah dapat memenuhi permintaan konsumenbr / Dari persoalan tersebut, maka penulis melakukan penelitian tentang analisisbr / perancangan kapasitas produksi yang bertujuan untuk memenuhi kapasitas yang dibr / perlukan untuk pembuatan produk sesuai permintaan dengan melihat alternatifbr / yang ada seperti menggunakan metode hibrid dan transportasi yang menghasilkanbr / ongkos terkecil, membuat Master Schedule dan Rough Cut Capacity Planing yangbr / sesuai dengan yang digunakan perusahaan.br / Dari penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa perancangan daribr / kedua metode sama baiknya dan PT. NIKKATSU ELECTRIC WORKS bisabr / memilih salah satu metode tersebut dalam melakukan rencana produksi. Masterbr / Production Schedule yang menghasilkan Project Availale Balance, Available Tobr / iibr / Promise dan Plan Order yang merupakan input untuk pembuatan Rough Cutbr / Capacity Planing. Dari pengolahan data yang terjadi kebutuhan jam kerja padabr / jadwal induk cukup besar dan sulit untuk diterapkan kedalam lantai produksibr / apabila perusahaan tidak meningkatkan kapasitas sesuai dengan tuntutan jadwal,br / perusahaan akan mengalami keterlambatan penyelesaian order.br / Usulan perancangan kapasitas dapat dilakukan dengan cara penambahan waktubr / kerja ataupun dengan cara penambahan tenaga kerja. Penambahan waktu kerjabr / sebanyak 4 jam per hari dan penambahan tenaga kerja sebanyak 17 orang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Forecasting, Master Production Schedule (MPS), kapasitas, Rough Cut Capacity Planing (RCCP)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:59
Last Modified: 16 Nov 2016 07:59
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/21020

Actions (login required)

View Item View Item