Kualitas Pelayanan Dinas Perhubungan Dalam memanfaatkan Sistem Informasi Uji Emisi Kendaraan Bermotor (SIUEKB) Di Kota Bandung

Satrio Sabto Hadi, Eko (2011) Kualitas Pelayanan Dinas Perhubungan Dalam memanfaatkan Sistem Informasi Uji Emisi Kendaraan Bermotor (SIUEKB) Di Kota Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kegiatan perindustrian dan emisi gas buang kendaraan bermotor merupakan salah satu penyebab menurunnya kualitas udara. emisi gas buang kendaraan yang melebihi ambang batas akan berdampak membahayakan kehidupan manusia serta mencemari udara. Pentingnya pengendalian kadar emisi gas buang kendaraan bermotor disadari benar oleh Dinas Perhubungan Kota Bandung sebagai pemegang utama dalam Penyelenggaraan Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor di Kota Bandung dan sekitarnya dengan menggunakan sebuah aplikasi bernama Sistem Informasi Uji Emisi Kendaraan Bermotor.br /br /br /br /br /br /br /br /br / Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kualitas pelayanan dari Valerie A. Zeithaml, Parasuraman dan Berry. Valerie A. Zeithaml, Parasuraman dan Berry mengemukakan keberhasilan suatu pelayanan di pengaruhi oleh Tangible (bukti fisik), Reliable (handal), Responsiveness (pertanggungjawaban), Assurance (jaminan) dan Empathy (empati).br /br /br /br /br /br /br /br /br / Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah melalui studi pustaka, studi lapangan, observasi non partisipan serta dengan melakukan wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah aparatur Dinas Perhubungan Kota Bandung dengan menggunakan teknik purposive sampling dan masyarakat dengan menggunakan teknik accidental.br /br /br /br /br /br /br /br /br / Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa pelayanan Uji Emisi Kendaraan Bermotor melalui Sistem Informasi Uji Emisi Kendaraan Bermotor sudah berjalan tetapi belum maksimal, seperti bukti fisik yang belum lengkap, kehandalan yang belum tergali, pertanggungjawaban yang belum sesuai dengan keinginan masyarakat, jaminan yang masih belum mendapatkan perhatian serta sikap empati yang masih minim.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Dinas Perhubungan, SIUEKB
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:59
Last Modified: 16 Nov 2016 07:59
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/21030

Actions (login required)

View Item View Item