Membangun Aplikasi Penjadwalan Pemeliharaan Dan Perbaikan Jaringan Listrik Di PT. PLN (Persero) APJ Majalaya Menggunakan Metode Algoritma Genetika

Wardhana, Aditya (2011) Membangun Aplikasi Penjadwalan Pemeliharaan Dan Perbaikan Jaringan Listrik Di PT. PLN (Persero) APJ Majalaya Menggunakan Metode Algoritma Genetika.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT PLN (Persero) adalah BUMN yang menangani aspek kelistrikan yang ada di Indonesia. PT PLN (Persero) memiliki sejarah panjang dalam industri ketenagalistrikan di Indonesia. Berdasarkan hasil wawancara dengan bagian pemeliharaan dan perbaikan jaringan listrik di PT PLN (Persero) APJ Majalaya terdapat beberapa masalah dalam penjadwalan pemeliharaan dan perbaikan jaringan listrik yaitu tingginya pengaduan masyarakat yang diakibatkan oleh kurang optimalnya dalam melakukan pemeliharaan dan perbaikan aset jaringan listrik dikarenakan ketersediaan sumber daya manusia yang terbatas.br / Dalam proses pembangunan aplikasi penjadwalan pemeliharaan dan perbaikan jaringan listrik ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus pada perusahaan, dimana teknik pengumpulan data yang digunakan, antara lain yaitu observasi, interview dan studi pustaka. Metode yang digunakan dalam proses penjadwalannya adalah metode Algoritma Genetika. Untuk teknik analisis data menggunakan metode pembangunan perangkat lunak secara waterfall sedangkan metode aliran data sistem menggunakan metode pemodelan terstruktur dimana tools yang digunakan adalah DFD (Data Flow Diagram). Tujuan yang ingin dicapai dari pembangunan aplikasi penjadwalan pemeliharaan dan perbaikan jaringan listrik ini adalah untuk mempermudah mengelola penjadwalan pemeliharaan dan perbaikan jaringan listrik, mengoptimasi jarak dan waktu pengerjaan, serta mempermudah dan mempercepat proses pengolahan data yang berhubungan dengan pemeliharaan dan perbaikan jaringan listrik.br / Setelah melalui tahapan sesuai dengan metode pengembangan yang dipilih maka dalam pengimplementasiannya, dilakukan pengujian sistem yang terdiri dari pengujian alpha dimana pengujian ini menggunakan metode pengujian black box yang berfokus pada persyaratan fungsional perangkat lunak dan pengujian beta yaitu pengujian lapangan dengan wawancara langsung kepada pengguna yang memuat pertanyaan-pertanyaan mengacu kepada tujuan akhir. Setelah dilakukan pengujian, dapat ditarik kesimpulan bahwa secara fungsional sistem sudah dapat menghasilkan output yang diharapkan dan aplikasi penjadwalan pemeliharaan dan perbaikan jaringan listrik yang diinginkan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Penjadwalan, Algoritma Genetika, Waterfall
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:00
Last Modified: 16 Nov 2016 08:00
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/21085

Actions (login required)

View Item View Item