Pemanfaatan Sistem Informasi Akademik Sebagai Media Penunjang Ke Arah Sekolah Bertaraf Internasional (Studi Kasus SMAN 1 Margahayu Kab. Bandung)

Mahavira, Agrias (2011) Pemanfaatan Sistem Informasi Akademik Sebagai Media Penunjang Ke Arah Sekolah Bertaraf Internasional (Studi Kasus SMAN 1 Margahayu Kab. Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

SMAN 1 Margahayu merupakan salah satu sekolah menengah negeri dibr / Bandung yang memiliki prestasi cukup bagus dalam bidang akademik dan nonbr / akademik. Namun di balik itu masih ada beberapa masalah mendasar yaitu belumbr / adanya komputerisasi dalam mengolah data akademik seperti data siswa, databr / guru, data pegawai, data transaksi akademik. Pada saat ini Instansi sekolahbr / berlomba-lomba untuk menjadi Sekolah Bertaraf Internasional, begitu pun halnyabr / SMAN 1 Margahayu yang mempunyai tujuan untuk menjadi Sekolah Bertarafbr / Internasional. Untuk menjadi Sekolah Bertaraf Internasional tentunya memilikibr / beberapa kriteria yang harus dipenuhi. Beberapa diantaranya jumlah siswa danbr / rombongan belajar pada tiap kelasnya, jumlah guru yang berkualitas, fasilitasbr / pendukung kegiatan belajar mengajar, data prestasi tiap tahunnya, kualitasbr / kepemimpinan kepala sekolah, data nilai rata-rata nilai UAN dalam 3 tahunbr / terakhir, dan data pegawai.br / Dari permasalahan diatas, maka perlu dilakukan analisis untuk menemukanbr / kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan untuk membangun perangkat lunak,br / dengan cara menganalisa kebutuhan, user dan fasilitas. Berdasarkan hasil analisis,br / maka dirancanglah sebuah perangkat lunak yang dapat menangani pengolahanbr / data akademik yang berbasis client-server. Perangkat lunak ini dibangunbr / menggunakan metode pemodelan terstruktur yang menggunakan tool Borlandbr / Delphi (7.0) sebagai desain tampilan antar muka dan MySQL sebagai mediabr / pengolahan database-nya.br / Berdasarkan hasil pengujian menggunakan metode black box untukbr / fungsional, sudah bebas kesalahan sintak. Untuk itu dapat disimpulkan bahwabr / telah berhasil membuat sistem informasi akademik yang dapat membantubr / pengolahan data akademik SMAN 1 Margahayu, dan penentuan tolak ukur kebr / arah Sekolah Bertaraf Internasional (SBI).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Sistem Infomasi Akademik, SBI, database
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:00
Last Modified: 16 Nov 2016 08:00
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/21086

Actions (login required)

View Item View Item