Penerapan Metode Soda (Simple Object Database Access) Pada Aplikasi Berbasis Web Dengan Multiple DBMS (Studi Kasus Database Web Faabula PT Telkom)

Helga, Arifani (2011) Penerapan Metode Soda (Simple Object Database Access) Pada Aplikasi Berbasis Web Dengan Multiple DBMS (Studi Kasus Database Web Faabula PT Telkom).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Setiap perusahaan yang menggunakan database yang berbeda-bedabr / memiliki kebutuhan yang sama dalam pengambilan informasi dari data yang adabr / di database yang berbeda-beda. Salah satu permasalahan yang muncul adalahbr / proses penggabungan data dari banyak sistem yang masing-masing menggunakanbr / Database Management System (DBMS) yang berbeda-beda. Simple Objectbr / Database Access (SODA) adalah metode yang dapat diterapkan pada suatu objekbr / yang digunakan untuk berkomunikasi dengan satu atau lebih DBMS.br / Berdasarkan permasalahan tersebut di atas, maka diperlukan suatubr / perangkat lunak berbasis web yang menggunakan metode SODA untuk mengatasibr / permasalahan dalam melakukan penggabungan data dari database dengan DBMSbr / yang berbeda. Aplikasi berbasis web yang dibangun menggunakan bahasabr / pemrograman PHP. Dengan satu perintah SQL query aplikasi dapat melakukanbr / penggabungan data antar DBMS yang berbeda dengan menjalankan fungsibr / operation set (union,minus,intersect).br / Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa perangkat lunakbr / yang dibangun yang dapat membantu pengguna dalam melakukan penggabunganbr / data antar database dengan DBMS yang berbeda dan memudahkan developer ataubr / programmer dalam mengembangkan aplikasi web dengan single or multiplebr / DBMS.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: SODA, multiple DBMS, heterogenous database, SQL Query
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:00
Last Modified: 16 Nov 2016 08:00
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/21091

Actions (login required)

View Item View Item