Analisis Pengaruh Perputaran Persediaan Dan Perputaran Piutang Terhadap Rentabilitas Pada PT. Suryaputra Sarana Bandung Divisi Sparepart

Ika Santosa, Juliana (2011) Analisis Pengaruh Perputaran Persediaan Dan Perputaran Piutang Terhadap Rentabilitas Pada PT. Suryaputra Sarana Bandung Divisi Sparepart.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penulis melakukan penelitian di PT.Suryaputra Sarana Bandung divisi sparepart. Fenomena dalam penelitian ini adalah rentabilitas (ROA) menurun disaat perputaran persediaan dan perputaran piutangnya meningkat/tinggi. Rentabilitas (ROA) yang menurun dapat menjadi masalah bagi perusahaan karena kemungkinan perusahaan akan mendapat kesulitan dalam memperoleh kredit/modal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh perputaran persediaan dan perputaran piutang secara simultan maupun parsial terhadap rentabilitas, serta untuk menganalisis besarnya pengaruh tersebut.br / Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif pendekatan kuantitatif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah laporan neraca dan laba rugi periode Juli 2008 �� Desember 2010. Pengujian statistik yang dilakukan dengan program aplikasi SPSS 15.0 for Windows, meliputi analisis regresi linier berganda, uji normalitas, uji asumsi klasik (multikolinieritas, autokorelasi dan heteroskedastisitas), analisis korelasi, analisis koefisien determinasi, dan uji hipotesis (uji F dan uji t).br / Hasil penelitian menunjukkan bahwa perputaran persediaan dan perputaran piutang secara simultan/bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap rentabilitas sebesar 24,5%. Sedangkan secara parsial/masing-masing, perputaran persediaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap rentabilitas sebesar 13,9% dan perputaran piutang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap rentabilitas sebesar 13,8%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Perputaran Persediaan, Perputaran Piutang, dan Rentabilitas (ROA).
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:00
Last Modified: 16 Nov 2016 08:00
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/21117

Actions (login required)

View Item View Item