Analisa Atas Pemeriksaan Pajak Dan Penagihan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Wilayah Bandung

Eliya Laelasari, Estiqomah (2011) Analisa Atas Pemeriksaan Pajak Dan Penagihan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Wilayah Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama di Wilayah Bandung. Fenomena yang terjadi yaitu tingkat kepatuhan wajib pajak dalam menyampaikan SPT hanya 58,16%, dalam pemeriksaan pajak masih terdapat kendala dalam mengetahui data wajib pajak karena pihak ketiga/bank tidak mudah member informasi kepada petugas pemeriksaan, langkah awal penagihan surat teguran, kemudian surat paksa bayar hingga permintaan blokir rekening tidak ada upaya penyeleseian dari wajib pajak sehingga menimbulkan ketidakpatuhan, padahal pemeriksaan pajak dan penagihan pajak adalah faktor yang berpengaruh dalam meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pemeriksaan pajak dan penagihan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan kuantitatif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah Kantor Pelayanan Pajak Pratama wilayah Bandung sekaligus sebagai sampel pendukung. Pengujian statistic yang digunakan adalah perhitungan korelasi Pearson,analisis linier berganda, koefisien determinasi, uji hipotesis, dan juga menggunakan bantuan program SPSS 18.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemeriksaan pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama wilayah Bandung secara keseluruhan termasuk dalam kategori baik karena indikator melakukan penilaian atas Sistem Pengendalian Intern memperoleh nilai persentase yang sangat baik. Sedangkan untuk variable penagihan pajak termasuk dalam kategori cukup baik. Variable kepatuhan wajib pajak termasuk dalam kategori cukup tinggi karena indicator kepatuhan wajib pajak untuk menyetor kembali surat pemberitahuan memperoleh persentase dari tanggapan responden yang sangat tinggi. Pemeriksaan pajak dan penagihan pajak berdampak positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Kemudian dampak secara simultan lebih besar dari secara parsial. Hal ini berarti pelaksanaan pemeriksaan pajak sebaiknya memang menyelaraskan dengan penagihan pajak sehingga dapat meningkatkan kepatuhan wajib pajak.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pemeriksaan Pajak, Penagihan Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:00
Last Modified: 16 Nov 2016 08:00
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/21136

Actions (login required)

View Item View Item