Implementasi Markov Chain Dan Logika Fuzzy Untuk Membangkitkan Peta Permainan Secara Dinamis Pada Game Platformer

Soni Julpikar, Ahmad (2015) Implementasi Markov Chain Dan Logika Fuzzy Untuk Membangkitkan Peta Permainan Secara Dinamis Pada Game Platformer. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dalam game platformer peta game biasanya dibuat secara statis dimana pemain memulai permainan dari kiri ke kanan, pemain hanya nampak dari samping dan tingkat kesulitannya dari mudah ke susah. Game platfomer yang menerapkan lingkungan yang dinamis dapat dibuat dengan membuat sebuah peta dinamis yang tingkat kesulitannya berubah-ubah. Solusi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pembuatan peta dengan merangkai tile dengan menggunakan markov chain, peta dibentuk dari wilayahwilayah yang selanjutnya wilayah tersebut dibangkitkan tile berdasarkan jenis wilayah tersebut. dengan markov chain pembangkitan yang dilakukan berdasarkan sifat-sifat variabel sebelumnya sehingga peta bisa terbentuk dengan semestinya. Selanjutnya agar peta yang dibuat tingkat kesulitannya dinamis maka diterapkan logika fuzzy, logika fuzzy digunakan dengan menggunakan parameter waktu, nyawa, dan banyaknya membunuh musuh yang selanjutnya diolah dengan sistem inferensi sugeno sehingga menghasilkan nilai output fuzzy yang akan menjadi probilitas pembangkitan wilayah markov chain peta selanjutnya. Pengujian yang dilakukan dengan mencoba mensimulasikan pembuatan peta dengan parameter-parameter yang telah di tentukan kemudian dilihat kesesuaiannya. Selanjutnya dilakukan pengujian pada perfomasi dalam pembuatan peta menggunakan markov chain dan logika fuzzy. Dari pengujian tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi markov chain dan logika fuzzy sudah sesuai dengan yang diharapkan dimana peta berubah-ubah dan tingkat kesulitannya mengikuti kemahairan pemain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pembangkit peta dinamis, game platformer, markov chain, logika fuzzy
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:00
Last Modified: 16 Nov 2016 08:00
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/21137

Actions (login required)

View Item View Item