Pengaruh Keadilan Tarif Pajak Dan Kualitas Pemeriksaan Pajak terhadap Upaya Meminimalisasi Terjadinya Tax Evasion (Survei Pada 8 KPP Pratama di lingkungan Kanwil DJP Jawa Barat I)

Twistian Silvani, Irly (2015) Pengaruh Keadilan Tarif Pajak Dan Kualitas Pemeriksaan Pajak terhadap Upaya Meminimalisasi Terjadinya Tax Evasion (Survei Pada 8 KPP Pratama di lingkungan Kanwil DJP Jawa Barat I).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Fenomena yang terjadi yaitu tarif pajak yang ditetapkan belum adil, kualitas pemeriksaan yang belum optimal, dikarenakan masih banyaknya kendala dalam proses pemeriksaan, dan masih banyak terjadi kasus penggelapan pajak yang dilakukan oleh Wajib Pajak Penelitian ini dilakukan pada 8 Kantor Pelayanan Pajak Pratama di Lingkungan Kanwil DJP Jawa Barat I. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengkaji besarnya pengaruh keadilan tarif pajak dan kualitas pemeriksaan pajak dalam upaya meminimalisasi terjadinya tax evasion. Jenis penelitian ini digolongkan sebagai penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 75 pemeriksa pajak dengan sampel sebanyak 43 pemeriksa pajak. Teknik pengambilan sampel secara random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan secara langsung kepada pemeriksa pajak sebagai responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Model dengan pendekatan Partial Least Square menggunakan software SmartPLS 2.0. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa keadilan tarif pajak berpengaruh dalam meminimalisasi terjadinya tax evasion. Sedangkan kualitas pemeriksaan pajak berpengaruh dalam meminimalisasi terjadinya tax evasion. Semakin baik keadilan tarif pajak, dan kualitas pemeriksaan pajak akan berdampak pada semakin baiknya upaya dalam meminimalisasi terjadinya tax evasion.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keadilan Tarif Pajak, Kualitas Pemeriksaan Pajak, Tax Evasion
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:00
Last Modified: 16 Nov 2016 08:00
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/21141

Actions (login required)

View Item View Item