Analisis Pengaruh Net Interest Margin (NIM) Dan Loan To Deposit Ratio (LDR) Terhadap Return On Assets (ROA) Pada Bank BUMN Di Indonesia

Rachmawati, Anggita (2011) Analisis Pengaruh Net Interest Margin (NIM) Dan Loan To Deposit Ratio (LDR) Terhadap Return On Assets (ROA) Pada Bank BUMN Di Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Bagi setiap perusahan laporan keuangan merupakan hal yang sangatbr / penting, terutama bagi perusahaan perbankan yang merupakan salah satu sektorbr / terpenting dalam pertumbuhan perekonomian suatu negara. Agar laporanbr / keuangan tersebut dapat lebih bermanfaat bagi para pemakainya, diperlukanbr / teknik selanjutnya, yaitu analisis laporan keuangan. Salah satu cara analisisbr / laporan keuangan adalah rasio keuangan. Rasio ini menjadi alat dalam penilaianbr / kinerja perusahaan khususnya kinerja keuangannya.br / Penelitian ini dilakukan terhadap 4 (empat) bank BUMN yang ada dibr / Indonesia, yaitu Bank Rakyat Indonesia, Bank Tabungan Negara, Bank Nasionalbr / Indonesia, dan Bank Mandiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuibr / besarnya pengaruh Net Interest Margin (NIM) dan Loan To Deposit Ratio (LDR)br / terhadap Return On Assets (ROA) pada bank BUMN yang ada di Indonesia baikbr / secara parsial maupun secara simultan. Metode yang digunakan dalam penelitianbr / ini adalah metode analisis deskriftif dengan pendekatan kuantitatif.br / Penelitian ini menggunakan metode sensus karena jumlah polulasi danbr / sampel yang digunakan dalam penelitian ini sama, yaitu laporan keuangan berupabr / neraca dan laporan laba rugi Bank BUMN selama 7 (tujuh) tahun mulai tahunbr / 2004 hingga tahun 2010. Metode statistik yang digunakan adalah analisis regresibr / linier berganda dengan menggunakan program SPSS 14. Hasil penelitianbr / menunjukkan bahwa NIM secara parsial memiliki pengaruh yang signifikanbr / terhadap ROA. Sedangkan LDR secara parsial tidak memiliki pengaruh yangbr / signifikan terhadap ROA. Selain itu juga terdapat pengaruh yang signifikan daribr / NIM dan LDR secara simultan terhadap ROA.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Net Interest Margin (NIM), Loan To Deposit Ratio (LDR), Return On Assets (ROA)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:00
Last Modified: 16 Nov 2016 08:00
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/21149

Actions (login required)

View Item View Item