Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Terapi Penderita Fobia terhadap hewan (Studi Kasus : Rumah Sakit Pusat AU Dr. M. Salamun Bandung)

Budiyanto, (2015) Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Terapi Penderita Fobia terhadap hewan (Studi Kasus : Rumah Sakit Pusat AU Dr. M. Salamun Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Fobia adalah rasa takut yang tidak masuk akal, atau yang ditakuti tidak seimbang dengan ketakutan. Penderita tidak tahu mengapa ia takut dan tidak dapat menghindari rasa takut itu. Berdasarkan data yang ada di Rumah Sakit Pusat AU Dr. M. Salamun di bagian Psikologi Klinis, fobia yang banyak dijumpai di rumah sakit ini adalah fobia terhadap hewan, fobia ini ada sekitar 57% dari semua fobia yang pernah ditangani, seperti fobia gelap, fobia ketinggian, fobia sosial, fobia air, fobia ruangan sempit, dll. Dan dari data yang didapat, ada sekitar 43% pasien penderita fobia kecoa dari fobia hewan yang ada, setelah itu fobia kucing(19%), fobia semut(7%), fobia ikan(6%), dan sisanya fobia terhadap hewan lain. Aplikasi yang akan dibangun berupa aplikasi mobile dan aktor utamanya ialah pasien. Aplikasi ini dibangun untuk dapat memberikan informasi seputar fobia dan terapinya, juga sebagai sarana latihan yang baru untuk dapat mengendalikan ketakutannya sebelum masuk pada tahap terapi akhir yaitu flooding. Psikolog akan membimbing pasien untuk melakukan terapi dengan memasangkan kacamata virtual yang didalamnya ada smartphone yang berisi aplikasi terapi ini untuk pasien, setelah itu pasien diminta mengarahkan pandangannya ke gelang marker, dan ketika objek hewan sudah muncul pasien diminta untuk berinteraksi dengan menyentuhnya sampai pasien terbiasa. Berdasarkan hasil pengujian Blackbox, terapi, marker, dan beta terhadap aplikasi ini, dapat disimpulkan bahwa aplikasi dapat memberikan informasi yang cukup jelas bagi penggunanya serta dapat dijadikan sarana latihan bagi pasien untuk mengendalikan rasa takutnya. Kata kunci: Aplikasi Multimedia, Fobia, Terapi fobia, RSAU Salamun.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Multimedia, Fobia, Terapi fobia, RSAU Salamun.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:00
Last Modified: 16 Nov 2016 08:00
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/21164

Actions (login required)

View Item View Item