Pengaruh Partisipasi Anggaran Terhadap Senjangan Anggaran Dan Implikasinya Pada Komitmen Organisasi (Pada Dinas Perkebunan Jawa Barat)

Hermawan, Dadan (2011) Pengaruh Partisipasi Anggaran Terhadap Senjangan Anggaran Dan Implikasinya Pada Komitmen Organisasi (Pada Dinas Perkebunan Jawa Barat).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Dinas Perkebunan Jawa Barat. Fenomena yang terjadi hanya beberapa kepala sub bagian yang ikut serta dalam partisipasi anggaran. Hal ini disebabkan beberapa kepala sub masih disibukan dengan pekerjaan pokok berdasarkan bidangnya. Kepala sub keuangan mengumpamakan 7 dari 10 kepala sub bagian yang terlibat. Akibatnya kurangnya partisipasi dari masing-masing kepala sub bagian akan mempengaruhi jadwal untuk merealisasikan anggaran tidak tepat waktu. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui implikasi partisipasi anggaran terhadap senjangan anggaran dan implementasinya pada komitmen organisasi.br / Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Metode deskriptif digunakan untuk mengetahui gambaran masing masing Variabel yang diteliti. Sedangkan verifikatif dengan analisis jalur digunakan untuk mengetahui hubungan antara Partisipasi Anggaran dan Snjangan Anggaran terhadap Komitmen Organisasi. Untuk mengetahui Pengaruh Partisipasi Anggaran Terhadap Senjangan Anggaran dan implikasinya pada Komitmen Organisasi digunakan uji statistik. Pengujian statistik yang digunakan adalah perhitungan korelasi Person Product Moment, koefisien determinasi, uji hipotesis dengan menggunakan software SPSS 17.0 for windows.br / Hasil penelitian menunjukan Pelaksanaan Partisipasi Anggaran di Dinas Perkebunan Jawa Barat tergolong baik, karena cukup banyak pegawai yang terlibat walaupun tidak semua. Untuk Senjangan Anggaran yang terjadi di Dinas Perkebunan Jawa Barat tergolong baik, namun indikator subjektif menunjukan bahwa tidak semua informasi yang diberikan pegawai untuk kepentingan anggaran subjektif. Dan komitmen organisasi di Dinas Perkebunan Jawa Barat tergolong cukup baik, indikator kinerja menunjukan hampir semua pegawai berkontribusi bagi perkembangan instansi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: partisipasi anggaran, senjangan anggaran, komitmen organisasi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:00
Last Modified: 16 Nov 2016 08:00
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/21167

Actions (login required)

View Item View Item