Implementasi Metode Logika Fuzzy Dengan Lexical Chains Untuk Automatic Text

Kamilia Afnan, Wulan (2015) Implementasi Metode Logika Fuzzy Dengan Lexical Chains Untuk Automatic Text. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Automatic text summarization (ATS) atau peringkas teks otomatis adalah suatu proses yang dibutuhkan untuk menghasilkan ringkasan sebuah teks yang berisi informasi dengan menggunakan bantuan komputer. Sistem ATS memerlukan pengolahan dokumen teks dalam menampilkan hasil ringkasan yang akurat untuk mewakili inti dari sebuah dokumen teks, mengingat kebutuhan pembaca dalam menerima informasi harus cepat dan akurat. Oleh sebab itu, sistem ATS memerlukan metode lexical chains dengan metode logika fuzzy yang memiliki kemampuan sebagai problem solver dengan memberikan gambaran pada sistem secara linguistik. Lexical chains akan digunakan untuk memberikan nilai pengoptimalan pada kandidat kata yang terkuat pada masing-masing kalimat. Nilai dari chain terkuat akan digabungkan menjadi parameter fuzzy. Logika fuzzy akan memudahkan dalam memprediksi hasil ringkasan dari nilai-nilai yang menjadi parameter yang akan dikelompokkan berdasarkan nilai linguistik penting dan tidak penting. Selanjutnya, nilai akhir dari fuzzy akan menentukan hasil akhir ringkasan teks dari dokumen yang di-input-kan oleh pengguna. Hasil uji akurasi peringkasan teks otomatis dengan menggunakan metode logika fuzzy dengan lexical chains melibatkan 3 responden untuk meringkas dokumen teks berbahasa Inggris yang sebanyak 20 dokumen menunjukkan nilai rata-rata akurasi sebesar 67%. Evaluasi sistem ATS juga melibatkan perhitungan recall dengan nilai rata-rata 100%, precision dengan nilai rata-rata 67%, dan f-measure dengan nilai rata-rata 78%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Automatic text summarization (ATS) atau peringkas teks otomatis adalah suatu proses yang dibutuhkan untuk menghasilkan ringkasan sebuah teks yang berisi informasi dengan menggunakan bantuan komputer. Sistem ATS memerlukan pengolahan dokumen teks dalam men
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:00
Last Modified: 16 Nov 2016 08:00
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/21168

Actions (login required)

View Item View Item