Perusahaan Bus Di Kota Garut Perbandingan Kinerja Perusahaan Komunitas Bidang Studi : Teknik Transportasi

Maulana Rachmadi, Mungki (2013) Perusahaan Bus Di Kota Garut Perbandingan Kinerja Perusahaan Komunitas Bidang Studi : Teknik Transportasi.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kebutuhan akan sarana transportasi dari waktu ke waktu terus mengalami peningkatan akibat semakin banyaknya kegiatan-kegiatan yang membutuhkan jasa transportasi sehingga bertambah pula intensitas pergerakan lalu lintas antar kota. Seiring dengan meningkatnya mobilitas penduduk di kota Garut, maka dituntut tersedianya angkutan umum antar kota yang telah memenuhi syarat kelancaran, kenyamanan dan keamanan. Layanan transportasi bus antar kota salah satunya menjadi layanan angkutan umum yang sangat penting bagi orang yang tinggal disebuah kota. Layanan ini oleh karena itu, harus dipertahankan untuk memenuhi kebutuhan pengguna jasa transportasi umum. Maka untuk itulah akan diteliti bagaimana kinerja transportasi dari perusahaan-perusahaan bus yang ada di kota Garut serta pelayanannya, sehingga dapat diketahui tingkat kinerja terbaik dari perusahaan tersebut. Angkutan umum bus antar kota yang dipilih sebagai model penelitian yaitu perusahaan bus Karunia Bakti dan perusahaan bus Primajasa cabang Garut dengan jenis armada bus besar. Angkutan umum sebagai bagian dari sistem transportasi masyarakat merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat. Keberadaan angkutan umum sangat dibutuhkan, tetapi bila tidak ditangani dengan baik dan benar akan merupakan masalah bagi kehidupan manusia. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan menggunakan metode survei dan wawancara langsung kepada pihak terkait serta pembagian kuisioner. Data yang digunakan adalah data primer (langsung dari lapangan) dan data sekunder (dari instansi yang terkait). Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui deskriftif analisis kuantitatif. Dari analisa tersebut akan diketahui kinerja terbaik dari objek yang telah diteliti. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja transportasi perusahaan bus Primajasa cabang Garut mempunyai tingkat kinerja paling baik dibandingkan perusahaan bus Karunia Bakti. Dari ke enam parameter yang dibandingkan antar kedua perusahaan tersebut, perusahaan bus Primajasa cabang Garut memiliki empat parameter terbaik, yaitu efisiensi pembiayaan, efisiensi pelayanan, kualitas pelayanan dan keterjangkauan. Sedangkan perusahaan bus Karunia Bakti hanya memiliki dua parameter terbaik, yaitu efektifitas pembiayaan dan efektifitas pelayanan saja. Hasil dari jawaban responden melalui kuisioner pun setelah diolah menunjukan bahwa kualitas pelayanan serta tingkat kepuasan responden terbaik dimiliki oleh perusahaan bus Primajasa cabang Garut.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kinerja trasportasi, angkutan umum, dan bus antar kota
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Sipil > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Sipil (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:37
Last Modified: 16 Nov 2016 07:37
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/2117

Actions (login required)

View Item View Item