Tinjauan Atas Prosedur Penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) PAda Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kota Cirebon

Maalikul Mulky, Meilky (2015) Tinjauan Atas Prosedur Penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) PAda Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kota Cirebon.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana prosedur penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) pada BAPPEDA Kota Cirebon sekaligus mengetahui dokumen apa saja yang digunakan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui karakteristik dari suatu objek penelitian. Sumber data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. dimana sumber data primer dalam penyusunan tugas akhir ini penulis memperoleh langsung pada kassubag keuangan, berupa penjelasan dan penjabaran yang diungkapkan mengenai prosedur penyusunan APBD. Sedangkan sumber data sekunder dimana data yang diperoleh penulis secara tidak langsung atau melalui sumber lain yang sudah tersedia sebelum penulis melakukan penelitian. Contohnya seperti dari buku yang berkaitan dengan prosedur penyusunan APBD. Dari hasil penelitian, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa sebagai salah satu Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) BAPPEDA telah melaksanakan proses penganggaran sesuai dengan Peraturan Daerah (PERDA) yang berlaku, kemudian menyusun dan melaksanakan kegiatan berkaitan APBD dengan mengacu pada Permendagri Nomor 58 Tahun 2007 sebagai pedoman dalam pelaksanaan, penatausahaan APBD dan laporan keuangan juga mencakup kebijakan akuntansi. Namun diharapkan pegawai pada instansi tersebut agar lebih teliti lagi dalam penyusunan APBD. Dokumen yang digunakan dalam penyusunan APBD sudah baik penerapannya dan sesuai dengan teori akuntansi dan Undang �� Undang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Penyusunan, Dokumen, APBD
Subjects: D3 Tugas Akhir > Akuntansi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:00
Last Modified: 16 Nov 2016 08:00
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/21186

Actions (login required)

View Item View Item