Perancangan Kampanye Peduli Air Tanah Di Cekungan Kota Bandung

Iman Riswana, Sandra (2011) Perancangan Kampanye Peduli Air Tanah Di Cekungan Kota Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Bencana banjir dan amblasnya permukaan tanah tidak menutup kemungkinan ada pada permasalahan air tanah, permasalahan air tanah tersebut sering dijumpai pada sebagian daerah - daerah perkotaan besar, yang memiliki populasi penduduk yang sangat padat, hal demikian sangat berkaitan dengan kebutuhan masyarakat kota dengan ketersediaan air bersih yang semakin meningkat. Sedangkan saluran pasokan air yang telah disediakan oleh PDAM telah semakin berkurang dalam memenuhi kebutuhan air bersih setiap harinya bagi masyarakat perkotaan. Maka dengan demikian masyarakat marak mencari alternatif lain untuk memenuhi kebutuhan adanya air bersih, seperti melakukan pengeboran air tanah itu sendiri di setiap lingkungan tempat tinggal.br / Kota �� kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya serta kota �� kota lainnya sudah termasuk sebagai daerah kota yang sering mengalami permasalahan air tersebut. Khususnya di Cekungan Kota Bandung sendiri yang menjadi salah satu kota yang mengalami permasalahan air tersebut, tidak hanya dari ketersediaan air dari PDAM saja, bahkan juga terjadi penurunan dan pengurangan air tanah per tahunnya. Sekitar dua meterbr / 2br / terjadi penurunan muka air tanah per tahunnya. Hal ini diakibatkan oleh beberapa faktor, seperti faktor dari lingkungan dimana telah berkurangnya daerah atau lahan resapan, serta penurunan muka air yang juga diakibatkan oleh jumlah penggunaan air tanah yang berlebihan khususnya di daerah perkotaan. Selain melihat dari populasi masyarakat semakin hari terus bertambah, timbul juga dari segi perindustrian yang semakin banyak bermunculan dimana pabrik �� pabrik sering membutuhkan suplai air yang banyak sehingga melebihi kebutuhan dari penduduk perumahaan.br / Banyaknya pasokan air bersih untuk setiap kebutuhan domestik untuk tahun 2015 diperkirakan mencapai sekitar 81 juta m3, artinya terjadi peningkatan per tahunnya sebesar 6,7 persen antara tahun 2000 dan tahun 2015 (KMNLH, 1997). Hanya 42 persen dari seluruh penduduk Indonesia memiliki akses terhadap air bersih. (Kompas, 20 Maret 2007)

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kampanye, Peduli Air Tanah
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:00
Last Modified: 16 Nov 2016 08:00
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/21219

Actions (login required)

View Item View Item