Pengaruh Return On Equity Ratio Terhadap Kebijakan Dividen (Penelitian Pada perusahaan Sektor Pertambangan Batubara Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2013)

Nur Ramdhani, Alija (2015) Pengaruh Return On Equity Ratio Terhadap Kebijakan Dividen (Penelitian Pada perusahaan Sektor Pertambangan Batubara Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2013).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Studi ini dilakukan untuk menguji pengaruh Return On Equity (ROE) dan Debt Equity Ratio (DER) terhadap Kebijakan Dividen yang diukur dengan Dividend Payout Ratio (DPR). PT.Harum Energy Tbk (HRUM), membagikan dividen final dengan rasio pembagian dividen alias dividend payout ratio 65% dari laba bersih HRUM , namun dividend payout ratio tersebut lebih rendah dari tahun buku 2010 yang tercatat sebesar 75%. Tingginya nilai return on equity mencerminkan tingginya profitabilitas perusahaan dan tingginya nilai debt equity ratio mencerminkan tingginya nilai utang yang dimiliki perusahaan kedua rasio tersebut akan mem pengaruhi kebijakan dividen yang diambil perusahaan. Penelitian dilakukan pada Perusahaan Sektor Pertambangan Batu Bara Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif verifikatif dengan metode anilisis regresi linier berganda, yang sebelumnya telah dilakukan uji normalitas, uji multikoliniearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Populasi penelitian ini adalah perusahaan Sektor Pertambangan Batubara yang terdaftar di BEI dengan sampel sebanyak 6 perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel ROE berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kebijakan dividen. Sedangkan pada variabel DER berpengaruh negatif signifikan terhadap kebijakan dividen pada perusahaan sektor batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2009-2013.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Return On Equity, Debt Equity Ratio, Kebijakan Dividen
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:00
Last Modified: 16 Nov 2016 08:00
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/21288

Actions (login required)

View Item View Item